Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:10:54ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-02-14T03:19:14Z2019-02-14T03:19:14Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33161This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/331612019-02-14T03:19:14ZKEPEMIMPINAN KOLEGIAL KEPALA MADRASAH DAN KOMITE DALAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MIN
1BANTUL YOGYAKARTAUpaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan adalah komitmen kepala madrasah dalam merancang dan
mengambil keputusan serta kebij akan untuk melaksanakan program pemberdayaan SDM, kontrol terhadap
pelaksanaan program serta dukungan material dan nonmaterial dari komite madrasah. Kepala madrasah
dituntut untuk memiliki visi kedepan dan kemampuan menjadi pimpinan sekaligus menjadi manager.
Peran dan kontribusi masyarakat untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan sangat penting.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kepemimpinan kepala madrasah dan komite madrasah
secara bersama sama dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan pendidikan serta keberhasilan Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul sebagai hasil dari kepemimpinan kolegial kepala madrasah dan komite.
Untuk menjawab tujuan penelitian, peneliti menggunakan teori kepemimpinan pendidikan kepala
madrasah dan peran serta fungsi komite madrasah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan
yang bersifat kualitatif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisa data peneliti menggunakan metode interaktif
yang dikembangkan Miles dan Huberman serta untuk memastikan kebenaran data peneliti menggunakan
triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah secara kolektif kolegial
dilakukan dengan cara melibatkan para wakil kepala madrasah dan komite dalam meningkatkan mutu
layanan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul. Implementasi dan progresnya adalah :
Pertama, menerapkan kepemimpinan kolektif kolegial dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan
tindak lanjut dalam kebijakannya. Kedua, optimalisasi peran komite dalam rangka meningkatkan mutu
layanan pendidikan dengan cara melakukan 1ugas pokok dan fungsi komite sebagai lembaga pemberi
pertimbangan, dukungan, pengontrol dan sebagai mediator. Ketiga, masih adanya hal-hal yang harus
diperbaiki menjadi dinamisasi kepala madrasah dan komite sesuai ketugasan masing-masing. Keempat
demikian juga keberhasilan di tingkat nasional maupun intemasional yang diperoleh MIN 1 Bantul
tidak lepas dari meningkatnya mutu layanan pendidikan yang dipengaruhi kepemimpinan kolegial
kepala madrasah, para wakil kepala dan komite MIN 1 Bantul. Oleh karena sinergi kepala madrasah
dan komite dan unsur lain berjalan dengan baik maka tahapan-tahapan untuk mendapatkan input yang
baik, melaksanakan proses pendidikan yang baik, sehingga didapatkan output pendidikan yang baik
dapat berjalan sesuai target bahkan lebih baik sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.NIM. 1420421017 AKHMAD FARID, SPDI