Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:23:04ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-07-05T14:52:09Z2017-01-24T05:08:08Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8651This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/86512013-07-05T14:52:09ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA
BERBASIS LECTORA PROFESSIONAL PUBLISHING SUITE
MATERI CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN
KELAS IV SEMESTER II DI SD/MI
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran IPA
berbasis lectora professional publishing suite materi cara pencegahan kerusakan
lingkungan kelas IV semester II di SD/MI yang memenuhi persyaratan media
pembelajaran yang baik, dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA
berbasis lectora professional publishing suite materi cara pencegahan kerusakan
lingkungan kelas IV semester II di SD/MI yang telah dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan
model pengembangan dari Reiser dan Mollenda yaitu model ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengembangan media
pembelajaran IPA ini diujikan kepada reviewer (ahli media, ahli materi), dan peer
reviewer. Instrumen penilaian media pembelajaran IPA berupa angket yang berisi
aspek dengan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh reviewer (ahli media dan ahli
materi), peer reviewer, guru dan direspon siswa MIN Tempel Yogyakarta. Penilaian
yang dilakukan meliputi 2 aspek penilaian dengan 8 kriteria penilaian untuk ahli
media. 6 aspek penilaian dengan 20 kriteria penilaian untuk ahli materi, 6 aspek
penilaian dengan 22 kriteria penilaian untuk peer reviewer, 9 aspek penilaian dengan
28 kriteria penilaian untuk guru IPA dan 6 aspek penilaian dengan 18 kriteria
penilaian untuk respon siswa.
Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis
dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media
pembelajaran IPA. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran IPA berbasis lectora professional publishing suite yang telah dibuat
berdasarkan penilaian ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 85 dan
persentase keidealan 87,5%. Berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik
(SB) dengan skor 92 dan persentase keidealan 92%. Berdasarkan penilaian peer
reviewer adalah sangat baik (SB) dengan skor 105,5 dan persentase keidealan
sebesar 95,5%. Berdasarkan penilaian guru adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 122
dan persentase keidealan 87,14%. Sedangkan berdasarkan respon 10 siswa kelas IV
MIN Tempel memperoleh skor 17,4 dan persentase keidealan sebesar 96,67 %.
Sehingga layak untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran IPA di SD/MI.
Kata kunci: Penelitian Pengembangan, media pembelajaran, lectora professional
publishing suiteNIM. 09480084 ALFIAN EKO ROCHMAWAN