Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:24:57ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-07-10T01:50:24Z2017-08-02T04:35:55Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13532This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/135322014-07-10T01:50:24ZKONSEP PENDIDIKAN AKHLAK
DALAM BUKU DAHULUKAN AKHLAK DI ATAS FIQIH
DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(STUDI ATAS PEMIKIRAN JALALUDIN RAKHMAT)
Alfiyatus Sodiqoh. Konsep Pendidikan Akhlak dalam Buku “Dahulukan Akhlak di Atas
Fiqih” dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Agama Islam (Studi Atas Pemikiran
Jalaludin Rakhmat). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini
adalah perpecahan umat Islam. Tidak jarang perbedaan menjadi awal permusuhan sehingga
terputus silaturrahmi, menyebarlah prasangka buruk, bahkan fitnah yang sangat keji. Merebaklah
kecenderungan untuk menganggap pendapat sendiri yang paling benar dan menafikan pendapat
yang lain. Umat sepeninggal Nabi Saw. tercerai-berai. Karena perbedaan tata cara ibadah, sering
terjadi perselisihan. Padahal sejak awal Nabi diangkat menjadi utusan adalah untuk
menyempurnakan akhlak yang mulia, sehingga misi nabi yakni menegakkan akhlak yang mulia.
Akhlak sangat berkaitan dengan tujuan Pendidikan Agama Islam. Tujuan PAI yang terdapat
dalam buku “Dahulukan Akhlak di Atas Fiqih” adalah pendidikan akhlak yang dibawa oleh Nabi
dan telah menjadi Misi Nabi Saw. bahwa ia dibangkitkan untuk menyempurnakan akhlak.
Akhlak dapat ditegakkan melalui pendidikan. Buku “Dahulukan Akhlak di Atas Fiqih”,
mengemukakan arti pentingnya menjaga akhlak dalam masyarakat yang dapat diambil pelajaran,
sampai menomor-duakan persoalan fiqih demi mendahulukan yang lebih penting yakni akhlak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dan relevansi pendidikan
akhlak dalam buku “Dahulukan Akhlak di Atas Fiqih” dengan tujuan Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian
kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan filosofis, yakni melakukan pemikiran dan perenungan yang terarah serta mendalam
mengenai objek penelitian. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan
metode dokumentasi dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di dalam buku “Dahulukan Akhlak di Atas Fiqih”
ditemukan dua hal, yaitu: (1) Konsep pendidikan akhlak dalam buku “Dahulukan Akhlak di Atas
Fiqih” yaitu merupakan seperangkat usaha (proses) untuk menanamkan akhlak kepada Allah dan
akhlak kepada masyarakat dengan mengajarkan perangai yang baik kepada peserta didik melalui
sifat keterbukaan dan menghindari sifat ketertutupan terhadap segala masukan, serta tingginya
sikap toleran demi tercapainya peserta didik yang berakhlak mulia. (2) Relevansi antara konsep
pendidikan akhlak dalam buku “Dahulukan Akhlak di Atas Fiqih” dengan tujuan Pendidikan
Agama Islam untuk sekolah umum yang termuat dalam Undang-Undang SISDIKNAS Nomor 20
tahun 2003 pada pasal 3 Bab II dan tujuan pendidikan di sekolah berbasis agama. Adapun
relevansi antara konsep pendidikan akhlak dengan tujuan Pendidikan Agama Islam yakni tentang
tujuannya yang bermuara pada pembentukan akhlak yang mulia. Bagian-bagian dalam
pendidikan akhlak yakni pendidik, peserta didik, materi, metode, dan evaluasi kesemuanya itu
digunakan sebagai jembatan untuk menuju tujuan Pendidikan Agama Islam. Dalam buku
tersebut terdapat komponen-komponen pendidikan akhlak yang diajarkan dalam pembelajaran
PAI yakni tentang akhlak terhadap Allah dan akhlak terhadap masyarakat.
NIM. 10410072 ALFIYATUS SODIQOH