Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:53:39ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-05-02T09:25:01Z2017-07-28T01:29:46Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7520This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/75202013-05-02T09:25:01ZPENINGKATAN PEMBELAJARAN PAI
PASCA PELAKSANAAN UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR
NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (UASBN PAI)
( Studi Kasus Di SMP Negeri 30 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012)
ALIFAH ASIH ROHMAH. Peningkatan Pembelajaran PAI Pasca
Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam
(UASBN PAI) Studi Kasus Di SMP Negeri 30 Purworejo Tahun Pelajaran
2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa evaluasi pendidikan
agama Islam tidak hanya mengukur aspek kognitif, tetapi harus mencakup semua
aspek. Dengan adanya kebijakan UASBN PAI diharapkan mampu mengukur
semua aspek pembelajaran dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran
pendidikan agama Islam. Namun pada realitanya soal yang digunakan dalam
UASBN PAI dinilai hanya mengukur aspek kognitif dan kebijakan tersebut belum
mampu meningkatkan kualitas pembelajaran secara signifikan. Oleh karena itu
perlu diadakan penelitian tentang pelaksanaan UASBN PAI. Yang menjadi
permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik soal UASBN
PAI tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 30 Purworejo dan bagaimana
upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran setelah pelaksanaan UASBN
PAI di SMP Negeri 30 Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dan menganalisis secara kritis tentang karakteristik soal UASBN PAI serta upaya
guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran PAI pasca pelaksanaan UASBN PAI
di SMP Negeri 30 Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
SMP Negeri 30 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-analitik.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Karakteristik soal UASBN PAI tahun
pelajaran 2011/2012 dapat dikategorikan: a) tingkat pemenuhan ranah soal kurang
merata antara kognitif, afektif dan psikomotrik karena soal kognitif lebih
dominan. b) telah sesuai dengan silabus yang digunakan oleh SMP Negeri 30
Purworejo dan indikator yang dipakai dalam soal kurang merata. c) telah sesuai
dengan kisi-kisi soal. d) tergolong soal mudah versi 20 siswa di SMP Negeri 30
Purworejo. 2) Upaya guru PAI dalam meningkatkan pembelajaran pasca
pelaksanaan UASBN PAI antara lain ditempuh melalui: a) profesionalisme guru
yaitu dengan selalu berusaha melaksanakan tugas serta tanggungjawabnya dengan
baik, menggunakan strategi PAIKEMI dan hafalan surat pendek dalam
pembelajaran, pemantapan ingatan dan keterampilan siswa, mengikuti kegiatan
workshop, meningkatkan penggunaan media pembelajaran. b) pengembangan dan
pembinaan kurikulum yaitu dengan penertiban administrasi kurikulum PAI,
peningkatan perolehan nilai siswa, lebih disiplin dalam penggunaan waktu
pembelajaran, pengadaan kegiatan shalat dhuha dan tadarus. c) peningkatan
fasilitas sumber belajar dan lingkungan yang digunakan yaitu dengan mengadakan
perbaikan ruang kelas, menambah koleksi buku-buku perpustakaan dan
perlengkapan beribadah, serta menciptakan suasana belajar dan iklim yang
menyenangkan.
NIM. 09410240 ALIFAH ASIH ROHMAH