Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:17:34ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2018-01-26T01:06:45Z2018-08-29T01:38:25Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29155This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/291552018-01-26T01:06:45ZKEBIJAKAN MADRASAH BERBASIS ADIWIYATA SEBAGAI SARANA
MENGEMBANGKAN KECERDASAN EKOLOGIS SISWA DI MIN 4
GUNUNGKIDULManusia dan lingkungan hidup memiliki hubungan yang saling
ketergantungan dan timbal balik. Perilaku buruk manusia dari tindakan sehari-hari
hingga industri mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup. Oleh karena itu,
diperlukan adanya pengendalian melalui pendidikan lingkungan hidup dan
penanaman rasa empati dan kepedulian terhadap lingkugan sejak sedini mungkin.
Upaya tersebut akan lebih efektif dan berkelanjutan apabila dilaksanakan di
sekolah atau madrasah. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah
adalah 1) Bagaimana proses kebijakan madrasah berbasis Adiwiyata di MIN 4
Gunungkidul, 2) Bagaimana proses kebijakan madrasah berbasis Adiwiyata
sebagai sarana mengembangkan kecerdasan ekologis siswa di MIN 4
Gunungkidul, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kebijakan madrasah
berbasis Adiwiyata sebagai sarana mengembangkan kecerdasan ekologis siswa di
MIN 4 Gunungkidul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Tempat yang
digunakan untuk penelitian adalah di MIN 4 Gunungkidul yang terletak di
Semenrejo, Pulutan, Wonosari, Gunungkidul. Subjek penelitian dalam penelitian
ini meliputi Kepala madrasah, Koordinator Tim Adiwiyata, Guru dan Anggota
TIM Adiwiyata, dan beberapa siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik
analisis data meliputi pengumpulan data, data reduction, data display, dan
conclusion drawing. Teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan
berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun
triangulasi yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan kebijakan madrasah yang diterapkan di
MIN 4 Gunungkidul adalah kebijakan yang berbasis Adiwiyata. Kebijakan
Adiwiyata merupakan segala bentuk keputusan dan aturan untuk berwawasan dan
berbudaya peduli terhadap lingkungan hidup dalam semua aspek ketetapan dan
kegiatan madrasah. Kebijakan Adiwiyata dilakukan melalui tahap formulasi,
implementasi dan evaluasi. Kebijakan Adiwiyata bertujuan untuk
mengembangkan kecerdasan ekologis siswa di MIN 4 Gunungkidul. Kebijakan
Adiwiyata bertujuan untuk membentuk generasi yang memiliki kecerdasan
ekologis, bebudaya dan ramah lingkungan. Proses pengembangan kecerdasan
ekologis melalui kebijakan Adiwiyata dilakukan dengan program-program yang
berbentuk pembiasaan, keteladanan dan integrasi terhadap lingkungan hidup
dalam semua aspek kegiatan madrasah. Faktor pendukung kebijakan Adiwiyata
sebagai sarana mengembangkan kecerdasan ekologis siswa antara lain motivasi,
kerjasama tim, antusiasme siswa, lokasi madrasah, inovasi dan kreativitas, serta
sarana dan prasarana madrasah. Faktor penghambatnya antara lain keterbatasan
waktu, rendahnya kesadaran orangtua, kurangnya sarana prasarana dan kurangnya
kedisiplinan siswa.NIM. 13480059 ALIFA EKA SASMITA