Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:06:30ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-08-05T00:34:42Z2016-08-05T00:34:42Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21427This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/214272016-08-05T00:34:42ZSTRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA
ARAB DI KELAS X IPA 2 MAN LAB UIN SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTAAli Hafidh (1420411005) Strategi Active Learning dalam Pembelajaran
Bahasa Arab di Kelas X IPA 2 MAN Lab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Pendidikan Islam, Program
Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pelaksanaan
strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X IPA 2 MAN
Lab UIN Sunan Kalijaga? 2) Apa saja faktor-faktor yang menjadi penghambat dan
pendukung strategi active learning dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X
IPA 2 MAN Lab UIN Sunan Kalijaga? 3) Apa saja upaya yang dilakukan untuk
mengatasi permasalahan pelaksanaan strategi active learning dalam pembelajaran
bahasa Arab di kelas X IPA 2 MAN Lab UIN Sunan Kalijaga?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang
berbentuk studi kasus (case study). Sumber informasinya adalah Kepala
Madrasah, tata usaha, guru kelas X IPA 2 dan peserta didik kelas X IPA 2. Data
diperoleh melalui observasi, wawancara dan domumentasi. Analisis dilakukan
dengan menggunakan teknik reduksi data, display data, triangulasi, dan
conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat beberapa jenis Strategi
active learning yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X IPA
2 MAN Lab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diantaranya adalah ceramah,
diskusi, benar atau salah (true or false), membaca keras (reading aloud),
peninjauan ulang topik dan strategi-strategi active learning lainnya. 2) Faktor
penghambat yang dihadapi guru adalah penggunaan fasilitas madrasah yang tidak
maksimal berupa laboratorium bahasa untuk mengembangkan kemampuan
istimā’, sedangkan hambatan yang dihadapi peserta didik adalah adanya
pemahaman peserta didik tentang kurang pentingnya mempelajari bahasa Arab,
pengaruh dari teman bahwa bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit, jam
pelajaran bahasa Arab yang dijadwalkan pada waktu siang hari, peserta didik
kurang menguasai mufradāt bahasa Arab, dan sebagian peserta didik kurang
menguasai tata cara penulisan huruf bahasa Arab dengan benar. Faktor pendukung
dari guru adalah guru sudah menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi
dalam pembelajaran bahasa Arab, sudah tersedianya media pembelajaran seperti
multimedia, LCD, sound system dan laboratorium bahasa untuk mendukung
pembelajaran bahasa Arab, sedangkan faktor pendukung bagi peserta didik
adalah semua peserta didiknya muslim sehingga sudah banyak yang mengenal
bahasa Arab melalui aktivitas yang dilakukan sehari-hari seperti dalam bacaan
shalat dan doa-doa, sudah banyak diajarkan pelajaran agama yang didalamnya
terdapat ayat-ayat al-Qur’ān dan al-Hadīst yang berbahasa Arab. 3) Upaya yang
dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi saat pembelajaran bahasa Arab
adalah guru memberikan pemahaman tentang pentingnya bahasa Arab,
memberikan motivasi berupa permainan yang menarik kepada peserta didik,
memaksimalkan penggunaan laboratorium bahasa, menempelkan mufradāt
dilingkungan madrasah dan kelas, dan memberikan nilai tambah kepada peserta
didik yang dapat menghafal mufradāt.NIM. 1420411005 ALI HAFIDH, SPDI