Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:08:22ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-04-29T02:25:25Z2015-04-24T09:03:28Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12237This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/122372014-04-29T02:25:25ZAPLIKASI STRATEGI HAFALAN MUFRADAH DAN JUMLAH MUFMUFIDDAH BAHASA ARAB TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENTERJEMAH (Studi Eksperimen Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari, Petanahan, Kebumen)Pengajaran bahasa Arab di Indonesia sampai saat ini belum mampu menunjukkan
keberhasilan yang dapat dibanggakan. Bahkan bahasa Arab cenderung menjadi momok
bagi banyak siswa di Indonesia. Kenyataan seperti ini membawa kesan bahwa bahasa
Arab merupakan bahasa yang sulit dan rumit apalagi ketika sampai pada mempelajari
bahasa Arab pada keterampilan menulis dan menterjemah karena harus mengetahui
bermacam-macam hal berkaitan dengan keterampilan di atas, makanya bahasa Arab
lebih sulit untuk dipelajari dibandingkan dengan bahasa Asing lainnya, meskipun pada
dasarnya bahasa Arab tidak sesulit yang bayangkan khususnya bagi orang Indonesia yang
mayoritas beragama Islam.
Untuk menguasai keterampilan menulis dan menterjemah di atas salah satunya
adalah siswa harus menguasai perbendaharaan MUFRADAH atau kosa-kata yang cukup.
Dari sini penulis menawarkan salah satu strategi hafalan terbimbing terhadap kosa-kata
atau kalimat yang banyak itu dengan strategi hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah
(kalimat) terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menterjemah siswa kelas XI-B
Madrasah Aliyah YAPIKA Tanjungsari Petanahan Kebumen, mengingat apa yang
diungkapkan H.G Tarigan yakni bahwa kualitas berbahasa seseorang jelas tergantung
pada kualitas dan kuantitas kosa-kata yang dimiliki, semakin banyak kosa-kata yang
dimiliki, maka semakin besar juga kemungkinan untuk terampil berbahas.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental
dengan menggunakan pendektan kuantitatif, sedangkan instrumen penelitiannya
menggunakan test, angket dan dikuatkan dengan instrumen lain seperti dokumentasi dan
pedoman wawancara. Analisis datanya menggunakan uji T test dan dikuatkan dengan uji
Independen Samples T test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa merasa antusias dengan
aplikasi strategi hafalan terbimbing yang digunakan oleh peneliti, terbukti 86,8 siswa
menjawab senang dalam angket yang sudah diajukan oleh peneliti kepada siswa kelas XIB.
Dan kemudian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil penerapan kedua
startegi yang berbeda, strategi hafalan terbimbing terhadap kosa-kata dan kalimatlah yang
lebih efektif daripada yang tidak menggunakan strategi hafalan terbimbing. Pada Uji T
test, rata-rata hasil dari penerapan strategi hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah
terbimbing yaitu 85,52 sedang pengajaran bahasa Arab yang tidak menggunakan strategi
hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah terbimbing rata-rata 31,65. Dan pada uji
Independen Samples T test, terlihat rata-rata angka kenaikan nilai dari penerapan strategi
hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah terbimbing 49.00, sedang pengajaran bahasa
Arab yang tidak menggunakan strategi hafalan MUFRADAH dan jumlah mufidah
terbimbing rata-rata kenaikan nilai sebesar 28.28.
Keywords: Strategi Hafalan MUFRADAH dan Jumlah Mufidah TerbimbingNIM. 10.224.1231 ALI IQBAL, S.PD.I.