Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:23:17ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-04-16T00:55:29Z2015-04-16T00:55:29Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15772This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/157722015-04-16T00:55:29ZPENDIDIKAN ISLAM HUMANIS RELIGIUS MODEL ABDURRAHMAN MAS’UDDewasa ini pendidikan di berbagai jenjang mengalami degradasi moral.
Yakni, hilangnya sikap toleransi, sikap keberanian, sikap percaya diri. Kekerasan
atas nama agama masih saja terjadi, sikap intoleran juga ditunjukkan warga Syiah
yang bertempat tinggal di Madura. Dalam pendidikan sekolah kita melihat
permasalahan yang tidak menunjukkan perilaku baik di lingkungan sekolah.
Seperti contoh, kasus Jakarta International School (JIS), anarkisme siswa di SD
Bukit tinggi dan SD Temanggung. Berangkat dari permasalahan di atas, maka
penelitian menjadi urgen untuk dilakukan. Adapun focus penelitian ini adalah: 1.
Pendidikan Humanis Religius? 2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemikiran
Abdurrahman Mas’ud tentang Humanis Religius ? 3. Bagaimana Sumbangan
Pemikiran Pendidikan Islam Humanis Religius Abdurrahman Mas’ud terhadap
Pendidikan di Indonesia?
Penelitian ini merupakan Kualitatif diskriptif dengan kajian pustaka
(library research). Sumber data primer berasal dari karya-karya Abdurrahman
Mas’ud dan sumber sekunder berasal dari publikasi ilmiah berupa buku-buku,
jurnal, artikel, dan hasil penelitian lain yang berkaitan dengan pemikiran
Abdurrahman Mas’ud. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahapan
mengidentifikasi karya-karya Abdurrahman Mas’ud dan mendiskripsikan
humanisme religius yang terdapat dalam pemikiran Abdurrahman Mas’ud. Untuk
teknik analisis data menggunakan content analysis dengan pendekatan induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Abdurrahman Mas’ud
dipengaruhi oleh: Pertama, proses pendidikan beliau ketika di pesantren . Kedua,
proses pendidikan beliau ketika di UIN Syarif Hidayatullah. Ketiga, kehidupan
beliau di Universitas California Los Angles (UCLA). Konsep Humanisme religius
menurut Abdurrahman Mas’ut adalah fungsi agama adalah untuk melayani
kebutuhan masyarakat, baik personal maupun kelompok. Oleh karena itu
humanism religius merupakan keyakinan aksi. Muatan dari pendidikan humanis
religius adalah selalu mengedepankan kepedulian yang tinggi terhadap nilai-nilai
kemanusiaan dan bisa lebih memperhatikan aspek potensi yang dimiliki peserta
didik. Alhasil, humanisme religius mampu mengembangkan manusia sebagai
individu yang dapat mengukur ranah ketuhanan dan penyeselesaian ranah sosial.
Peneliti berharap, penelitian ini dapat dijadikan wawasan pemikiran,
acuan, dan rujukan tentang pendidikan yang humanis sehingga menjadi kontribusi
bagi diri sendiri, orang tua, pendidikan dan lembaga pendidikan.
Kata kunci: Abdurrahman Mas’ud, Humanis ReligiusNIM 1220411256 ALI MUSTAQIM, S.PD.I