Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:19:53ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2018-04-19T06:52:01Z2018-04-19T06:52:01Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29857This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/298572018-04-19T06:52:01ZKONSELING INDIVIDU DALAM MENGURANGI BERPIKIR IRASIONAL SISWA
MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI SMA ALI MAKSUM YOGYAKARTAUjian Nasional (UN) sebagai media dalam mengukur pencapaian materi
pelajaran siswa. Namun seringkali ujian menimbulkan permasalahan seperti
berpikir irasional pada sebagian siswa sehingga menganggu aktivitas belajarnya.
Berpikir Irasional seperti siswa yang tidak memiliki antusiasme melakukan
persiapan menghadapi ujian sebagaimana siswa pada umumnya dengan alasan
yang tidak dapat dibenarkan secara rasional, hal tersebut pengalaman subjektif
yang dapat menghambat perkembangan fungsi afektif dan kognitif. Kasus tersebut
butuh layanan penanganan dari Guru BK sebagai pihak penyelenggara konseling
di sekolah. Sehingga siswa terhindar dan mampu keluar dari kasus berpikir
irasional yang dialami kaitannya dengan menghadapi Ujian Nasional.
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui karakteristik berpikir irasional
dan metode konseling individu yang digunakan Guru BK SMA Ali Maksum
Yogyakarta dalam mengurangi berpikir irasional. Penelitian ini bersifat kualitatif,
menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Penelitian dilakukan pada
tiga subjek yaitu satu Guru BK dan dua siswa SMA Ali Maksum Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukan, karakteristik berpikir irasional siswa dalam
menghadapi Ujian Nasional adalah kesalahan atribusi, anti pada kenyataan, dan
repetisi. Kemudian metode konseling Guru BK menggunakan konseling individu
dengan pendekatan konseling direktif, konseling non-direktif, dan konseling
eklektik.NIM. 12220058 ALWAN IDRIS MA’RUF