Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:04:42ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-05-09T07:37:32Z2017-05-05T01:03:37Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12489This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/124892014-05-09T07:37:32ZMANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR
BAHASA ARAB MADRASAHTSANAWIYAH
MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2013 /2014Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sumber belajar
yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab oleh guru di Madrasah
Tsanawiyah Mu‟allimat Muhammadiyah Yogyakarta serta faktor yang menjadi
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pengembangan
sumber belajar bahasa Arab untuk terealisasinya tujuan pembelajaran yang
efektif.Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi semua
pihak akademisi dalam memperbaiki proses pembelajaran dengan tercapainya
tujuan dari pembelajaran atau pendidikan, khususnya MTs Mu‟allimat
Muhammadiyah dalam mencetak generasi penerus perjuangan dan untuk
menghadapi perubahan kurikulum yang baru.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
MTs Mu‟allimat Muhammadiyah Yogyakarta, pengumpulan data dilakukan
dengan observasi. wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
beberapa langkah yaitu: pengumpulan data (data dari hasil observasi, wawancara
dan dokumentasi), mereduksi data yang telah terkumpul, mengkaji data secara
sistematis dan mengambil kesimpulan dengan menverifikasi data yang lebih
mendalam dengan menelaah hasil yang telah dikumpulkan.
Hasil penelitian dari penelitian menunjukan:1) Manajemen pembelajaran
bahsa Arab yang dilaksanakan dapat dilihat dari fungsi manajemen yang
dilakukan oleh komite sekolah yaitu: pertama, perencanaan yang meliputi
pengadaan sumber belajar, pengaturan dan penggunaan sumber belajar, hasil
penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaanya sesuai dengan langkahlangkah
dalam perencanaan, yaitu pengadaan sumber belajar meliputi
mempelajari kurikulum dan mengadakan analisis materi, mengadakan seleksi
sumber belajar dan mencari dana. Kedua, pengorganisasian sumber belajar,
pengorganisasian sumber belajar cukup efektif. Ketiga, pengawasan , dalam
pelaksanaan pengawasan sumber belajar sangat efektif, karena mulai dilakukan
secara terus menerus mulai dari tahap awal perencanaan, pengorganisasian
sumber belajar.Dari beberapa faktor penbukung dan penghambat, faktor yang
paling mendukung dalam pelaksaan sumber belajar yaitu setting atau lingkungan
madrasah yang dapat dikembangkan sehingga siswi dapat lebih optimal dalam
terfasilitasi.sedangkan faktor penghambat yang paling dominan yaitu keadaan
siswi yang heterogen sehingga siswi tidak seluruhnya dapat memanfatkan semua
sumber belajar yang tersedia dalam belajar bahasa Arab.NIM. 09420174 AL KHOIR