Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:45:27ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-08-20T04:10:30Z2017-04-18T03:53:13Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9112This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/91122013-08-20T04:10:30ZPEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MODUL “TA’LIMU AL-
LUGHOH AL‘ARABIYAH “ DI KELAS X MAN 2 WATES KULONPROGO
TAHUN AJARAN 2012/2013Latar belakang masalah penelitian ini adalah problem mendasar yang
dihadapi oleh dunia pendidikan saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran
sebagai akibat dari minimnya penguasaan guru dalam penggunaan berbagai
strategi, metode pembelajaran, bahan ajar, dan sumber belajar mutakhir. Dalam
proses belajar mengajar, buku ajar adalah salah satu sumber pembelajaran bagi
peserta didik yang merupakan alat pendidikan fungsional, dimana dengan
membaca buku, anak secara langsung maupun tidak langsung dapat memperoleh
nilai-nilai positif bagi pembentukan dirinya. Oleh karenanya penggunaan modul
dalam pembelajaran adalah salah satu upaya guru dalam mensifati problem
mendasar yang kini telah dihadapi dunia pendidikan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Wates Kulonprogo
tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis penelitian
menggunakan teknik Induktif. Metode penelitian ialah metode kualitatif
Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) Proses pembelajaran Bahasa Arab
dengan modul “Ta’lȋmu Allughoh Al’Arabiyah“ MGMP bahasa Arab MA DIY
bagi peserta didik kelas X MAN 2 wates Kulonprogo telah diupayakan berjalan
secara optimal. Dimana seorang guru Bahasa Arab membuat perencanaan
pembelajaran secara maksimal dengan didukung strategi dan metode serta media
yang bervariasi, inovatif, menyenangkan dan menantang. 2) Faktor-faktor yang
menjadi pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab menggunakan
media modul “Ta’lȋmu Allughoh Al’Arabiyah “ adalah : Dukungan sekolah
dengan menjadikan modul Ta’lȋmu Allughoh Al’Arabiyah sebagai salah satu
bahan ajar pelajaran Bahasa Arab, tersedianya modul Ta’lȋmu Allughoh
Al’Arabiyah pada siswa, bimbingan guru Bahasa Arab yang menjadi tempat
peserta didik untuk bertanya, cara belajar peserta didik, dan kemampuan
berprestasi peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya ialah : Kurangnya
minat peserta didik, tingkat kemampuan pemahaman peserta didik yang beragam,
kedisiplinan peserta didik, fasilitas yang disediakan dalam kelas, dan kesempatan
belajar serta terbatasnya waktu pembelajaran
NIM. 09420187 AMALIA FAJRIAH MUDLI’