Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:55:43ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-04-05T04:13:48Z2019-04-05T04:13:48Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34370This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/343702019-04-05T04:13:48ZHUBUNGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN INTERAKSI
EDUKATIF DALAM PERSPEKTIF PESERTA DIDIK KELAS ATAS
SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTULGuru sebagai pendidik dituntut memiliki kompetensi sosial. Oleh karena
itu, guru harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik,
orang tua, tetangga dan teman seprofesi. Sementara itu, interaksi edukatif
meniscayakan kemampuan komunikasi yang baik dari guru dengan peserta
didik. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang mengkaji secara
langsung tentang hubungan kompetensi sosial guru dengan interaksi edukatif
dalam perspektif peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) Seberapa tinggi
kompetensi sosial guru SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul (2) Seberapa
kuat interaksi edukatif peserta didik SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul (3)
Hubungan kompetensi sosial guru dengan interaksi edukatif peserta didik
SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang
digunakan yaitu studi korelasi. Populasinya adalah seluruh kelas atas dan
wali kelas SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul. Teknik sampling yang
digunakan yaitu sampling jenuh, artinya seluruh populasi dijadikan sampel.
Pengumpulan data utama menggunakan angket atau kuesioner yang terlebih
dahulu divalidasi oleh ahli, lalu pengumpulan data sekundernya
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data angket dihitung
menggunakan statistik parametrik untuk memperoleh data yang diinginkan,
lalu dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji Kolmogorof-Smirnov.
Setelah dilakukan uji prasyarat analisis dilakukan pengujian hipotesis
menggunakan teknik korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru di SDIT
Salsabila 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta mayoritas pada kategori
cukup/sedang. Dan hasil pengukuran interaksi edukatif peserta didik kelas
atas di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta mayoritas pada
kategori cukup/sedang.
Penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yang positif antara
kompetensi sosial guru terhadap interaksi edukatif peserta didik. Dengan
menggunakan teknik pengujian korelasi product moment yang dibantu
dengan program perhitungan SPSS 22,00,diperoleh hasil koefisien korelasi
sebesar 0,777. Ini artinya hubungan antara kompetensi sosial guru terhadap
interaksi edukatif peserta didik dikatakan kuat.NIM. 14480012 AMANNASRULLAH AMIN