Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:50:01ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-08-22T02:58:15Z2016-08-22T02:58:15Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21712This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/217122016-08-22T02:58:15ZPENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK
GURU MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS
DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN
KELAS VIII DI MTS MA’ARIF 2 MUNTILANAmilia Paramita Sari Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Al Quran Hadits dalam Mengatasi Problematika Baca Tulis Al Quran Siswa Kelas VIII di MTs Ma‟arif 2 Muntilan Skrips. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Latar belakang penelitian ini adalah kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, guru diasah kemampuannya dalam mengelola pembelajaran. Salah satunya adalah pemahaman terhadap peserta didik. Di MTs Ma‟arif 2 Muntilan yang merupakan sekolah berbasis agama ini guru Mata Pelajaran Al Quran Hadits mengalami beberapa hambatan saat melakukan pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masih kurang memuaskan. Salah satu hambatan tersebut adalah adanya beberapa siswa yang belum lancar dalam baca tulis Al Quran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas VIII MTs Ma‟arif 2 Muntilan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Problematika pembelajaran baca tulis Al Quran kelas VIII di MTs Ma‟arif 2 Muntilan adalah hambatan yang bersifat linguistic yaitu problem membaca, problem menulis, problem menghafal, problem menerjemahkan, dan problem memahami. Hambatan non linguistik yaitu hambatan dari diri siswa, lingkungan, non sosial dan pendekatan belajar. (2) kompetensi pedagogik guru Al Quran Hadits untuk mengatasi problematika dilaksanakan dengan cara menganalisis karakteristik siswa, yaitu dengan memahami peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan potensi siswa (3) upaya guru Al Quran Hadits dalam peningkatan kompetensi pedagogik untuk mengatasi problematika baca tulis Al Quran dengan memahami siswa danmerancang pembelajaran yang sesuai untuk siswa. Adapun upaya dari madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan mengikutsertakan guru-guru dalam pelatihan dan memberikan buku pegangan khusus yang berkenaan dengan proses pembelajaran.NIM. 12410096 AMILIA PARAMITA SARI