Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:31:25ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-11-04T02:08:09Z2015-11-04T02:08:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18088This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/180882015-11-04T02:08:09ZUPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS
ANAK USIA DINI DI TK LT/PLAY GROUP PESANTREN ANAK
INTERNASIONAL GENIUS KIDS KRAPYAK SEWON BANTULAMlNAH, Upaya Guru dalarn Mengembangkan Kreativitas Anak Usia
Dini di TK IT!Play Group Pesantren Anak lntemasional Genius Kids, skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2007. Bertujuan untuk mencoba menelusuri upaya guru dalam
mengembangkan kreativitas anak usia dini khususnya di TK IT/Play Group
Pesantren Anak Internasional Genius Kids, serta untuk mengetahui faktor-faktor apa
saja yang mendukung dan menghambat guru dalam mengembangkan kreativitas anak
usia dini di TK IT/Play Group Pesantren 1\nak Intemasional Genius Kids.
Pcnelitian ini merupakan pcnclitian lapangan yang bersifat deskriptif
analitik dengan mengambil obyek penelitian TK IT/P lay Group Pesantren Anak
lnternasional Genius Kids. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
observasi, interview bebas tcrpimpin, serta dokumentasi. Analisa data dilakukan
dengan menggunakan jenis analisis data kualitatif, mcngingat data-data yang
dibutuhkan berupa kata-kata tcrtulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang
diamati.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ( 1) Upaya guru dalam
mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK IT/Play Group Pcsantren Anak
lnternasional Genius Kids mcmpunyai Jangkah-langkah pembelajaran yang cukup
variatif, yaitu terlihat dengan banyaknya materi-matcri kegialan pengajaran yang
berbeda-beda scpcrti materi pcngajaran agama, matcri pengajaran umum sampai
materi pengajaran kemahiran hidup. Selain adanya materi-materi pengajaran yang
dilakukan di dalam kclas, ada juga aktivitas-aktivitas pembelajaran yang menarik
yang sebagian besar dilaksnnakan di luar ruangan. Dalam penyarnpaian materi
tersebut guru menyajikannya dengan cara bermain yang menyenangkan dan
mengasyikkan dengan tujuan agar anak tidak jenub dengan materi-matcri pelajaran
tersebut. Dalam hal ini guru bertugas sebagai kreator, motivator, serta fasihtator
dalam proses pembelajarannya untuk mengembangkan kreativitas anak didiknya. (2)
Dalam menjalankan tugasnya, seorang guru mempunyai faktor-faktor yang
mendukung dan faktor-faktor yang menghambat. Dalam hal ini yang menjadi
pendukung guru dalam upaya mengcmbangkan kreativitas anak usia dini adalah dari
sifat anak usia dini itu seperti karena keunikannya, daya imajinasinya yang tinggi,
rasa ingin tahu yang bcsar dan juga scnang melakukan eksperimen. Sedangkan yang
menjadi penghambat guru dalam upaya mengembangkan kreativitas anak usia dini
yaitu karena Jatar bclakang keluarga yang berbeda-beda yang menyebabkan anak
tnempunyai pribadi yang berbcda-beda, sehingga guru merasa kesulitan dalam
melaksanakan tugasnya.NIM. 02471213 AMINAH