Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:21:40ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-07-01T04:38:10Z2016-01-27T02:07:09Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13253This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/132532014-07-01T04:38:10ZPENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA
BERBASIS TAHAP BERPIKIR VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN KONSEP MATERI HUBUNGAN SUDUT PUSAT,
PANJANG BUSUR, DAN LUAS JURING LINGKARAN
(SUATU DESIGN RESEARCH TERHADAP PESERTA DIDIK TINGKAT SMP/MTS)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika
berbasis tahap berpikir van Hiele untuk meningkatkan pemahaman konsep materi
hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring lingkaran yang layak
dipakai dalam proses pembelajaran dan mengetahui dampak bahan ajar terhadap
pemahaman konsep peserta didik setelah mempelajari materi hubungan sudut
pusat, panjang busur, dan luas juring lingkaran.
Penelitian ini merupakan suatu design research dengan model
Greivemeijer dan Cobb yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap preparing for the
experiment, tahap the design experiment, dan tahap the retrospective analysis.
Tahap preparing for the experiment merupakan tahap pertama yaitu penetapan
tujuan teoritis, analisis awal, pengembangan produk, dan penyusunan
konjektur/dugaan. Tahap berikutnya adalah the design experiment yaitu
pembelajaran dengan bahan ajar dan pemberian pretest, posttest, serta angket
respon. Tahap retrospective analysis merupakan tahap terakhir yaitu analisis
dampak proses dan hasil, revisi bahan ajar, penyusunan jalur lintasan belajar
(learning trajectory), dan penyusunan local instrumen theory.
Bahan ajar yang telah dikembangkan memuat aktivitas-aktivitas
pembelajaran pada tahap visualisasi, analisis, dan deduksi informal sesuai tahap
berpikir van Hiele pada tingkat SMP/MTs yang dituangkan dalam lembar
kegiatan disertai latihan pemahaman konsep. Hasil penelitian ini yakni telah
berhasil dikembangkan bahan ajar matematika berbasis tahap berpikir van Hiele
yang layak dipakai dalam proses pembelajaran dengan kualitas sangat baik
berdasarkan penilaian validator/penilai ahli dan guru dengan persentase keidealan
86,08%, mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan persentase
keidealan 75,59%, dan berhasil meningkatkan pemahaman konsep peserta didik
berdasarkan nilai rata-rata pretest (30,85) dan posttest (64,56). Dampak
pemahaman konsep peserta didik setelah pembelajaran dengan bahan ajar
tergolong ketegori pemahaman konsep tinggi, baik pada proses maupun hasil
pembelajaran.
NIM. 10600048 ANAS KHOIRUDIN