Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:48:18ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-06-01T01:10:33Z2016-06-01T01:10:33Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20898This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/208982016-06-01T01:10:33ZANALISIS KESALAHAN BERBAHASA STEPHEN PIT CORDER DALAM
PRAKTEK PERCAKAPAN BERBAHASA ARAB SISWI KELAS IX
SMPIT BAITUSSALAM PRAMBANAN
TAHUN AJARAN 2015/2016Ana Sari Putri. 1420410019. Analisis Kesalahan Berbahasa Stephen Pit Corder
dalam Praktek Percakapan Berbahasa Arab Siswi Kelas IX SMPIT Baitussalam
Prambanan Tahun Ajaran 2015/2016. PPs UIN Sunan Kalijaga. 2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena sosial praktek berbahasa
Arab dalam percakapan harian siswi kelas IX SMPIT Baitussalam Prambanan
tahun ajaran 2015/2016. Pelaksanaan praktek berbahasa Arab yang terjadi di
kalangan siswi kelas IX sering kali diwarnai dengan berbagai bentuk kesalahan
berbahasa. Terjadinya kesalahan bahasa dipengaruhi oleh beberapa faktor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kesalahan
serta menganalisis berbagai bentuk kesalahan yang terjadi dalam percakapan siswi
kelas IX SMPIT Baitussalam.
Penelitian ini menggunakan teori error analysis dan idiocyncratic dialect Stephen
Pit Corder. Teori error analysis mengacu kepada pembagian kategori kesalahan
berbahasa berdasarkan 4 aspek linguistik, yaitu : fonologi, morfologi, sintaksis
dan semantik. Adapun pada tahapan analisis idiocyncratic dialect, analisa
kesalahan dilakukan melalui 3 tahapan berdasarkan pada skema analisis Stephen
Pit Corder, yaitu keluar 1 yang menerangkan bahwa kalimat tersebut tidak
berkontribusi dialek idiosinkratik , keluar 2 dan 3 menerangkan bahwa kalimat
tersebut berkontribusi pada dialek idiosinkratik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field
research. Teknik sampling yang digunakan berupa proposionate stratified
random sampling. Proses identifikasi kesalahan berbahasa dilakukan melalui 5
langkah, yaitu : memilih korpus bahasa, mengenali kesalahan dalam korpus,
mengklasifikasikan kesalahan, menjelaskan kesalahan, dan mengevaluasi
kesalahan. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa yang terjadi dalam
percakapan berbahasa Arab siswi kelas IX tersebar dalam 4 jenis kesalahan, yaitu
kesalahan dalam hal fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik. Kesalahan –
kesalahan tersebut cukup memberi dampak signifikan terhadap aspek ketrampilan
menulis serta berbicara siswi kelas IX. Tipe bahasa Arab yang diproduksi oleh
siswi kelas IX tergolong kategori idiosinkratik terbuka, karena sebagian besar dari
kesalahan yang terjadi dapat diketahui dengan jelas dan diperbaiki sesuai dengan
gramatikal bahasa Arab yang berlaku,NIM. 1420410019 ANA SARI PUTRI