Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:23:31ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-06-02T01:34:27Z2016-06-02T01:34:27Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20800This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/208002016-06-02T01:34:27ZDESAIN GRAFIS AKUN BERDAKWAH SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP MEDIA SOSIAL LINE)Kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang
pada abad ke-21 ini membuat dakwah menjadi lebih mudah untuk disampaikan.
Media sosial adalah salah satu perkembangan teknologi yang memiliki andil besar
dalam kemudahan aktifitas dakwah. Dengan media sosial kita dapat berbagi
informasi kepada banyak orang tanpa harus dibatasi ruang dan waktu sehingga
dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktifitas dakwah kepada siapa saja dan
dimana saja. Salah satunya akun Berdakwah menggunakan aplikasi LINE yang
dibuat oleh Sigit Haryo Yudanto. Akun Berdakwah ini berinovasi dalam
melakukan dakwah dengan menggunakan desain grafis untuk menjawab
tantangan zaman. Akun Berdakwah ini didesain dengan memperhatikan
karakteristik mad’u yang cepat jenuh dan mudah bosan dalam menerima dakwah
sehingga desain grafis dikemas dengan menarik dan innovatif.
Penelitian yang berjudul Desain Grafis Akun Berdakwah sebagai Media Dakwah
(studi deskriptif tentang media sosial LINE) ini hadir dalam rangka memberikan
pencerahan permasalahan di atas. Dalam hal ini, penulis mengkaji desain grafis
dalam menyampaikan dakwahnya pada posting-an foto akhlak kepada Allah.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman, yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan berdasarkan teori
unsur-unsur desain grafis dan prinsip-prinsip desain grafis.
Kesimpulannya, ada beberapa kekurangan dalam penerapan prinsip dan unsur
desain grafis dalam akun Berdakwah. Tetapi secara keseluruhan desain grafis
yang diterapkan mampu menciptakan dakwah yang innovatif yang mampu
menarik perhatian followers untuk melihat, kemudian membaca, dan mem-posting
ulang melalui akun pribadi kepada orang lain melalui media sosial LINE.
Kata Kunci: LINE, Dakwah, Akun Berdakwah, Desain GrafisNIM. 11210112 ANDI PRANATA