Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:44:34ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-06-20T08:40:07Z2016-09-26T09:01:57Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12965This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/129652014-06-20T08:40:07Z
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS
NASABAH BMT BERINGHARJO YOGYAKARTA
Memelihara loyalitas nasabah merupakan tuntutan yang harus
dilaksanakan, karena dengan terpeliharanya loyalitas nasabah maka eksistensi
perbankan, termasuk Baitul Maal wat Tamwil (BMT) bisa tetap terjaga. BMT
harus bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat
bertahan dan tujuan utamanya dapat tercapai. Karena itu, BMT perlu menerapkan
strategi pemasaran yang baik. Salah satu strategi pemasaran yang banyak dipakai
adalah bauran pemasaran (marketing mix).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah bauran pemasaran
jasa memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah BMT Beringharjo. Bauran
pemasaran jasa tersebut diuraikan ke dalam operasional variabel independen
yakni: produk (product), harga (price), lokasi (place), serta promosi (promotion).
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sebarapa besar
pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap loyalitas nasabah BMT baik secara
parsial maupun secara simultan
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode
analisis data berupa analisis regresi linier berganda. Adapun proses hitung data
menggunakan program statistik komputer SPSS for Windows Release. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BMT Beringharjo dengan 60 nasabah
sebagai sampel penelitian.
Berdasarkan perhitungan uji F dalam penelitian ini, diperoleh nilai
probabilitas F-hitung = 0,000 < Level of Significant = 0,05, maka Ho ditolak atau Ha
diterima, artinya ada pengaruh secara simultan variabel produk (X1), harga (X2),
promosi (X3), dan lokasi (X4) terhadap loyalitas nasabah BMT Bringharjo
Yogyakarta (Y).
Hasil penelitian menunjukan bahwa bauran pemasaran jasa mempunyai
pengaruh terhadap loyalitas nasabah BMT Beringharjo. Hal ini dapat diartikan
bahwa, jika variabel produk, harga, lokasi, dan promosi meningkat maka loyalitas
nasabah BMT Beringharjo Yogyakarta juga akan mengalami peningkatan.
NIM. 07390016 ANDRIANA