Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:33:20ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-08-04T04:15:25Z2016-08-04T04:15:25Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21389This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/213892016-08-04T04:15:25ZPENGARUH SELF-REGULATED LEARNING
DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR
BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X MA MU’ALLIMAT
MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAAnifatus Saidah, 2016. Pengaruh Self-Regulated dan Kemandirian Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X MA Mu’allimat
Muhammadiyah Yogyakarta. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Islam.
Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh antara self-regulated
learning dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab pada siswi
Madrasah Aliyah Muʹallimat Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian analisis regresi dengan pendekatan
kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas X MA
Muʹallimat Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik
pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling yaitu 120 siswi pada kelas
multilingual yang terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas C, D dan E yang menetap di
asrama. Hal tersebut dilakukan dengan berbagai pertimbangan di antaranya dari
kemampuan peneliti yaitu dilihat dari segi tujuan, tenaga dan waktu. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, kuesioner/ angket, dan
dokumentasi. Untuk menguji keterandalan instrument dilakukan dengan
menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan bantuan program SPSS versi 22,00.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara
self-regulated learning dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa
Arab siswi MA Muʹallimat Muhammadiyah Yogyakarta. Self-regulated learning (X1)
memberikan kontribusi sebesar 28,2%, kontribusi kemandirian belajar (X2) sebesar
18,5% dan kontribusi keduanya secara bersama-sama sebesar 11,9% sedangkan
sisanya 88,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian seperti motivasi,
kedisiplinan, lingkungan belajar, metode, gaya mengajar guru, sarana-prasarana dan
fasilitas pembelajaran yang turut mendukung. Dari kesemua faktor yang mendukung
keberhasilan meraih prestasi belajar juga dibutuhkan strategi dan upaya yang gigih
dalam belajar.NIM. 1420410133 ANIFATUS SAIDAH