Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:20:17ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-08-13T06:27:11Z2015-08-13T06:27:11Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16865This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/168652015-08-13T06:27:11ZIMPLEMENTASI SYARIAH MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) AMBARUKMO YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi
karakterstik dan prinsip-prinsip syariah marketing pada Bank Syariah Mandiri
KCP Ambarukmo Yogyakarta. Seiring berjalannya waktu, perkembangan
perbankan syariah terus meningkat, namun di satu sisi tidak bisa dipungkiri bahwa
tidak sedikit orang beranggapan bahwa perbankan syariah tidaklah berbeda
dengan bank konvensional. Hal tersebut menjadi tantangan bagi Bank Syariah
Madiri untuk mempertahankan nasabah melalui usaha-usaha yang dilakukan
sebagai upaya untuk menciptakan rasa kepuasan nasabah atas jasa-jasa yang
diberikan.
Pemahaman karakteristik syariah marketing dan prinsip-prinsip syariah
marketing menjadi pedoman bagi Bank Syariah Mandiri untuk menciptakan
relationship antara Bank Syariah Mandiri yaitu hubungan kemitraan antara bank
dengan nasabah dijalin secara terus menerus dalam usaha untuk meningkatan,
menciptakan kepuasan, serta kepercayaan nasabah.
Penelitian ini mengangkat rumusan permasalahan: Bagaimana
implementasi karakteristik dan prinsip-prinsip Syariah marketing dalam
meningkatkan kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri KCP Ambarukmo
Yogyakarta, dengan pendekatan penyusunan kualitatif, pengumpulan data dengan
teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan data-data
yang penyusun kumpulkan tentang implementasi karakteristik dan prinsip-prinsip
Syariah marketing dalam meningkatkan kepuasan nasabah pada Bank Syariah
Mandiri KCP Ambarukmo Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik syariah marketing sudah
diimplementasikan secara keseluruhan pada Bank Syariah Mandiri KCP
Ambarukmo Yogyakarta. Sementara prinsip-prinsip syariah marketing sudah
diimplementasikan pada semua aspek, akan tetapi ada beberapa aspek yang
hampir sama dengan aspek lain dalam implementasinya.
Kata kunci: Syariah Marketing, Kepuasan Nasabah, dan Bank Syariah Mandiri KCP Ambarukmo YogyakartaNIM 11240099 ANIF NIāMATIN ARIFA