Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:47:28ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2019-01-02T04:39:35Z2019-01-02T04:39:35Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32177This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/321772019-01-02T04:39:35ZMANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS
(STUDI KOMPARATIF PADA PAUD INKLUSI PELANGIKU JOMBANG DAN TK ISLAM TERPADU DARUL FALAH PEMBINA
KECAMATAN SUKOREJO PONOROGO)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan pelaksanaan
manajemen Pembelajaran bagi anak usia dini berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif komparatif yang menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di
lapangan dan membandingkan kondisi pada kedua lembaga bersifat verbal atau kalimat. Objek dalam
penelitian ini adalah proses mengelola pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus yang menjadi
peserta didik. Proses tersebut meliputi perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, pelaksanaan
pembelajaran, dan pengawasan. metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancaera dan
dokumentasi.
Mengelola pembelajaran pada PAUD Inklusi yang menggabungkan antara siswa regular dengan siswa
berkebutuhan khusus memerlukan pengelolaan yang berbeda pada PAUD umumnya. Pembelajaran pada PAUD
inklusi mengakomodasi siswa dengan berbagai karakteristik dan hambatan perkembangan yang
berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukkan adanya manajemen pembelajaran bagi anak usia dini
berkebutuhan yaitu pada perencanaan pembelajaran dimulai dengan asesmen awal untuk mengidentifikasi
kekhususan anak untuk disesuaikan dengan kebutuhan Program Pembelajaran Individual pada anak serta
menyusun kurikulum yang digunakan sebagai acuan pembelajaran. Pengorganisasian dengan menempatkan
guru pembimbing khusus atau guru yang memiliki kompetensi dalam penanganan ABK sesuai dengan
pembagian kelompok belajar anak. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang
ditentukan masing-masing lembaga, pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembuka, inti dan
penutup, Evaluasi dan laporan penilaian dilakukan untuk mengetahui perkembangan yang dicapai dalam
proses pembelajaran.
Perbedaan dan persamaan dari kedua lembaga tersebut terletak pada konsep dan pelaksanaan di
masing-masing fungsi manajemen pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus. Pada PAUD Inklusi
Pelangiku Jombang pelaksanaan pembelajaran dengan konsep inklusi penuh dan pull out yaitu siswa
berkebutuhan khusus bergabung dengan siswa reguler dalam satu kelas dan pada jadwal tertentu berada
di kelas penguatan. Sedangkan pada TKIT Darul Falah Pembina dengan konsep pembelajaran inklusi
terpisah. Yaitu siswa berkebutuhan khusus dengan berada di kelas khusus terpisah dari kelas
regular.NIM. 1520431013 ANING PUDJIASTUTI, SPD