Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:17:00ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-03-11T07:17:07Z2016-03-11T07:17:07Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19780This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/197802016-03-11T07:17:07ZPENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PAI
TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1
SLEMANANISA FADHILA. Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran PAI
terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya penggunaan
pendekatan saintifik dalam pembelajaran bisa membuat siswa tersebut memiliki
rasa percaya diri yang baik. Namun kenyataannya ada siswa yang rasa percaya
dirinya kurang. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh
pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap rasa percaya diri siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dalam
pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman, untuk mengetahui
tingkat rasa percaya diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman, untuk menguji
secara empiris pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap
rasa percaya diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitaif. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sleman. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah
siswa kelas VIII A, B, dan C. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan
statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui uji korelasi dan uji regresi
sederhana. Uji prasyarat dilakukan dengan melakukan uji normalitas dan uji
linearitas.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan pendekatan saintifik di SMP
Negeri 1 Sleman masuk dalam kategori baik. 2) Siswa memiliki tingkat rasa
percaya diri yang tinggi. 3) Ada pengaruh positif penerapan pendekatan saintifik
dalam pembelajaran PAI terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII di SMP
Negeri 1 Sleman (R Square 0,338).NIM. 12410088 ANISA FADHILA