Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:38:15ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-01-25T06:53:06Z2016-01-25T06:53:06Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19048This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/190482016-01-25T06:53:06ZINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
DENGAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X
DI MAN YOGYAKARTA IIANIS RIF’ATUL HUSNI. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup
Dengan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MAN Yogyakarta II. Skripsi.
Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.
Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya berbagai bencana dan kasus
kerusakan lingkungan baik dalam lingkup nasional maupun global yang
sebenarnya berasal dari cara pandang antroposentris yang telah melahirkan
perilaku eksploitatif dan tidak bertanggung jawab terhadap kelestarian
lingkungan. Pendidikan sebagai satu-satunya alat untuk mengubah perilaku
manusia dapat dijadikan sebagai sarana ampuh untuk mengarahkan perilaku tidak
peduli lingkungan menjadi perilaku tanggap lingkungan. Pendidikan Lingkungan
Hidup (PLH) dipandang sebagai salah satu solusi untuk mengatasi krisis kualitas
lingkungan. MAN Yogyakarta II merupakan lembaga pendidikan Islam yang telah
menerapkan integrasi PLH di seluruh civitas sekolah melalui program Adiwiyata.
Salah satu program Adiwiyata adalah mengintegrasi PLH dalam beberapa mata
pelajaran salah satunya pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan konsep PLH di MAN Yogyakarta II, model integrasi PLH
dengan pembelajaran Akidah Akhlak, pelaksanaan integrasi PLH dengan
pembelajaran Akidah Akhlak kelas X
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
MAN Yogyakarta II. Subjek penelitian ini adalah Tim Pelaksana Adiwiyata,
Wakil Bidang Kurikulum, Wakil Bidang Kesiswaan, Guru Akidah Akhlak Kelas
X. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data,
mereduksinya, mendisplay data kemudian menyimpulkan data yang ada. Dalam
penarikan kesimpulan, penulis menggunakan triangulasi data dengan cara
membandingkan informasi yang diperoleh dari beberapa sumber sehingga
diperoleh data yang absah.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) konsep pendidikan lingkungan hidup di
MAN Yogyakarta II adalah dengan mengintegrasikan PLH dalam kurikulum
sekolah yang terwujud dalam program adiwiyata. Program adiwiyata
dilaksanakan melalui 4 indikator pencapaian yakni: pengembangan kebijakan
madrasah berwawasan lingkungan, pelaksankan kurikulum berwawasan
lingkungan, pengadaan kegiatan lingkungan partisipasif, serta pengadaan sarana
dan prasarana peduli lingkungan. (2) Model integrasi PLH dengan pembelajaran
akidah akhlak adalah model integrasi diadik dialogis dan model informatif.
Implementasi model integrasi melalui empat tataran yakni: tataran konseptual,
tataran institusional, tataran oprasional, dan tataran arsitektural (3) Pelaksanaan
integrasi PLH dengan pembelajaran akidah akhlak dapat dilihat pada perencanaan
pembelajaran, proses pembelajaran, dan faktor pendukung dan penghambat,
evaluasi pembelajaran. Integrasi PLH dalam pembelajaran tampak pada integrasi
interkoneksi ranah filsafat, ranah materi, dan ranah strategi.NIM. 08410199 ANIS RIF’ATUL HUSNI