Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:12:03ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-10-14T02:03:08Z2016-10-14T02:03:08Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22450This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/224502016-10-14T02:03:08ZPENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS POTENSI LOKAL
KELAUTAN PADA MATERI FLUIDA UNTUK SMA KELAS XIPenelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan modul fisika berbasis
potensi lokal kelautan, 2) mengetahui kualitas modul fisika berbasis potensi lokal
kelautan menurut ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA, 3) mengetahui
respon peserta didik terhadap modul fisika yang dikembangkan, dan 4) mengetahui
keterlaksanaan dari modul fisika.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) model prosedural, yakni model yang bersifat deskriptif yang
menggambarkan alur atau langkah-langkah prosedural yang harus diikuti secara
bertahap dari langkah awal hingga langkah akhir untuk menghasilkan produk.
Prosedur pengembangan mengikuti prosedur yang dikembangkan oleh Puslitjaknov
dengan melibatkan 5 langkah utama yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan
dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi dan penilaian ahli
serta revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; 5) uji coba lapangan
skala besar dan produk akhir. Instrument penilaian berupa lembar penilaian kualitas
modul fisika yaitu menggunakan skala Likert untuk penilaian para ahli dan guru
fisika SMA yang dibuat dalam bentuk checklist menggunakan 4 interval, sedangkan
instrument untuk respon peserta didik menggunakan skala Gultman yang dibuat
dalam bentuk checklist menggunakan 2 interval. Data hasil penilaian dianalisis
untuk mengetahui kualitas produk melalui tiga tahap yaitu membuat tabulasi semua
data yang diperoleh, menghitung rerata skor, dan mengubah rerata skor menjadi
kategori kualitas.
Hasil penelitian berupa: 1) modul fisika berbasis potensi lokal kelautan, 2)
kualitas modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA
adalah Sangat Baik (SB). Rerata skor yang diperoleh adalah sebesar 3,49, 3,33, dan
3,48, dengan persentase keidealan masing-masing 87,25%, 83,25%, dan 87,03%,
3) respon peserta didik terhadap modul fisika berbasis potensi lokal kelautan pada
uji lapangan skala kecil dan uji lapangan skala besar adalah YA atau Setuju (S).
rerata skor yang diperoleh sebesar 0,99, dan 0,96 dengan persentase keidealan
98,80%, dan 95,80%. 4) Modul fisika berbasis potensi lokal kelautan yang
dikembangkan layak dan dapat digunakan baik oleh guru maupun peserta didik.NIM. 12690046 ANIS SAFITRI