Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:46:02ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-07-10T01:57:27Z2017-05-04T07:12:06Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13534This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/135342014-07-10T01:57:27ZUPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN
MENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY PADA
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII C DI
MTsN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA
ANIYATUL MASLAKHAH. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dengan
Menggunakan Strategi Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII C
MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.
Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran pada saat ini sangat
memerlukan pembelajaran yang berperan aktif dan berpartisipasi. Siswa perlu menggeser peran
yang sekedar sebagai penerima pasif mengenai berbagai informasi menuju pencarian yang aktif
diberbagai ilmu pengetahuan. Olehkarena, itu keaktifan siswa sangat diperlukan didalam
pembelajaran sehingga siswalah yang seharusnya bergerak banyak aktif, karena siswa sebagai
subyek dan peserta didik yang melaksanakan tugas belajar. Namun dalam kenyataannya
pembelajaran bahasa Arab kelas VII C MTsN Wonokromo Bantul berlangsung secara
konvesional sehingga keaktifan siswa didalam kelas sangat kurang maka penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui penerapan strategi two stay two stray untuk meningkatkan keaktifan belajar
siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsN Wonokromo Bantul.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap
siklus ada empat tahapan yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi.
Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTsN Wonokromo Bantul yang berjumlah
34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi,
observasi, serta post-test dan fre-test.
Keaktifan siswa dapat dilihat dari hasil penelitian dengan menggunakan strategi two stay
two stray adalah 1) Terjalinnya keakraban antara siswa dan guru, 2) Kerjasama dengan teman
sekelompok, 3) Keinginan dalam keberanian dan berpartisipasi, 4) Adanya usaha dan kreatifitas,
5) Mengerjakan soal dan tugas, 6) Motivasi dalam mengikuti pelajaran. Pada siklus I keaktifan
siswa belajar bahasa Arab juga meningkat sebesar 79,10% dan pada siklus II lebih meningkat
menjadi 89,48%. Dengan demikian keaktifan siswa belajar bahasa Arab mengalami peningkatan
sebesar 10,38%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi two stay two stray dalam
pembelajaran bahasa Arab kelas VII C MTsN Wonokromo Bantul mengalami peningkatan yaitu
dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi.
NIM. 09420046 ANIYATUL MASLAKHAH