Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:59:57ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-11-14T07:28:29Z2016-09-27T02:17:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14531This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/145312014-11-14T07:28:29ZPENGARUH KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN NASABAH
(STUDI EMPIRIS PADA BPRS FORMES SLEMAN YOGYAKARTA)
Anjas Hendrawan, 10391001. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Nasabah (Studi Empiris Pada BPRS FORMES Sleman Yogyakarta). Jurusan
Keuangan Islam Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,
2014.
Penelitian ini menganalisis apakah terdapat pengaruh yang signifikan mengenai
kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan menganalisis enam variabel
yang diujikan yakni variabel compliance, tangibles, empathy, reliability,
responsiveness dan assurance yang sama diujikan kepada kepuasan nasabah pada
Bank BPRS Formes Sleman D.I. Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 70 orang/responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Analisis regresi berganda
digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini.
Pada uji hipotesis yang menggunakan analisis regresi berganda dilakukan dengan
membandingkan nilai probabilitasnya dengan nilai alpha sebesar 0,05. Dari hasil
pengujian tersebut dapat dilihat bahwa uji determinasi mencapai angka 50%.
Sehingga nilai tersebut mampu menerangkan pengaruhnya sebesar 50%. Dalam
uji simultan (Uji F) nilai probabilitasnya kurang dari 5% artinya berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Namun dalam uji parsial (Uji t)
dari enam variabel yang dipertanyakan ada tiga variabel yang memiliki nilai
probabilitas lebih dari 5%. Artinya, tiga variabel tersebut tidak mempengaruhi
kepuasan. variabel yang yang memiliki nilai di atas 5% yakni variabel
compliance, tangibles, dan assurance
Untuk itu, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi kepuasan nasabah
seyogyanya perusahaan harus memperhatikan beberapa item hasil yang telah
diujikan dalam penelitian ini. Karena semakin baik persepsi atau penilaian
nasabah maka akan semakin baik pula tingkat tingkat kepuasan nasabah.
NIM. 10391001 ANJAS HENDRAWAN