Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:42:00ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-28T01:06:59Z2017-07-28T03:07:01Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11432This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/114322014-03-28T01:06:59ZREKONSTRUKSI PEMBELAJARAN RASULULLAH DALAM BUKU “BERSAMA RASULULLAH SAW MENDIDIK GENERASI IDAMAN” KARYA FADHL ILAHIAnji Fathunaja. Rekonstruksi Pembelajaran Rasulullah dalam Buku
“Bersama Rasulullah Saw Mendidik Generasi Idaman” Karya Fadhl Ilahi. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran Rasulullah Saw yang
terikat dengan konteks masyarakat Arab, sehingga membutuhkan sebuah proses
rekonstruksi supaya pembelajaran Rasulullah dapat salikhun likulli zaman wa
makan. Melalui buku Fadhl Ilahi ini, meskipun bersifat parsial namun cukup
mewakili konstruksi pembelajaran Rasulullah Saw. Pembelajaran pendidikan
agama Islam di Indonesia yang berkiblat pada teori belajar dari Barat seharusnya
tidak serta merta diterima begitu saja. Karena konteks pembelajaran yang berbeda
menuntut penyesuaian yang berbeda pula.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan
pada kajian kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode
analisisnya adalah menggunakan metode analisis deskriptif dan deduksi untuk
memperoleh sebuah kesimpulan penelitian. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian sejarah, karena mengkaji data-data masa lalu dan
mengaitkannya dengan masa sekarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi pembelajaran
Rasulullah Saw lebih menekankan pembelajaran yang bersifat teacher centris.
Berbeda halnya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di Indonesia yang
telah menerapkan pembelajaran aktif. Di sisi lain, pendidik yang seharusnya
bertugas membimbing dan memberi rasa nyaman, dewasa ini hanya dipahami
sebagai fasilitator. Hasil daripada proses rekonstruksi adalah pembelajaran
Rasulullah Saw yang lebih menempatkan pada pembelajaran aktif dan terpimpin
serta sosok guru yang membimbing dan memberi rasa nyaman. Krisis keteladanan
yang terjadi dalam pendidikan agama Islam di Indonesia diakibatkan oleh seiring
melemahnya peran dan fungsi pendidik. Nilai-nilai dalam pembelajaran
Rasulullah Saw yang telah terbukti mampu mengubah masyarakat Arab adalah
solusi terbaik bagi permasalahan pendidikan di Indonesia. Indonesia harus mulai
memberikan filtrasi terhadap berbagai macam teori belajar dari Barat.
Kata Kunci: Rekonstruksi, Pembelajaran Rasulullah Saw, Fadhl IlahiNIM. 10410075 ANJI FATHUNAJA