Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:20:54ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-10-13T00:36:54Z2015-10-13T00:36:54Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17554This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/175542015-10-13T00:36:54ZPENGEMBANGAN MODUL QUANTUM LEARNING
BERBASIS ISLAM-SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA
MATERI DAUR AIR KELAS V DI MI AL-IMAN TEMPELPenelitian ini dilakukan berawal dari kegelisahan akademik peneliti yang
melihat fenomena bahan ajar di lapangan, selama ini proses pembelajaran yang
terjadi disekolah cenderung konvensional. Proses belajar mestinya berjalan
menyenangkan untuk anak-anak didik. Ini adalah hal yang sesungguhnya sangat
mendasar dari sebuah proses belajar. Dalam hal ini penelit menarpkan Quantum
Learning sebagai suatu cara untuk mencapai pembelajaran yang menyenangkan
dengan dasar Islam, sehingga tak hanya ilmu umum saja yang di dapat akan tetapi
juga ilmu agama.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development/ R&D) yaitu penelitian yang berorientasi untuk mengembangkan
dan memvalidasi produk yang dikembangkan itu. Produk yang dikembangkan
yakni modul pembelajaran IPA Quantum Learning berbasis Islam-sains yang
diterapkan di kelas V MI al-Iman Tempel. Penelitian ini bertujuan untuk respon
siswa terhadap modul yang dikembangkan serta faktor-faktor yang menjadi
kelebihan dan kelembahan modul yang dikembangkan. Proses pengembangan
meliputi 4 tahap, yaitu define, design, develop, and disseminate atau diadaptasikan
menjadi model 4-P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan
penyebaran. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli media dan dosen ahli
materi untuk memberikan penilaian berbentuk angket yang dilengkapi dengan
kritik dan saran yang membangun pengembangan modul. Setelah dilakukan uji
skala kecil dan revisi, uji coba skala besar dan revisi serta diseminasi produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk modul layak untuk digunakan
sebagai media pembelajaran. Hal inberdasarkan pada skor yang diberikan oleh
dosen ahli materi yakni dengan rata-rata 4,45, dosen ahli media 4,67, guru IPA
4,51 serta teman sejawat 4,65 dan 4,67 dengan kategori “sangat baik”. Respon
peserta didik pada saat uji skala kecil rata-rata 4,54 dengan prosentase 91%
“sangat tinggi” dan respon skala besar rata-rata 4,5 dengan prosentase 90%
kategori “sangat tinggi”. Observasi keislaman pada uji coba skala kecil 88%
dengan kategori “sangat tinggi” dan uji coba skala besar sebelum menggunakan
modul 28,2% dengan kategori “sangat rendah” menjadi 88,2% dengan kategori
“sangat tinggi”. Setelah menggunakan modul, berarti kepekaan keislaman siswa
meningkat, hal ini berarti modul Quantum Learning berbasis Islam-sains layak
digunakan sebagai media pembelajaran untuk menambah nilai-nilai keislaman
pada siswa.
Kata kunci: modul Quantum Learning, Berbasis Islam-sains, dan Pembelajaran
IPA1320420001 ANNISA NURUL HIDAYATI