Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:02:50ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2018-02-14T08:52:20Z2018-02-14T08:52:20Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29470This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/294702018-02-14T08:52:20ZPENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI
KEGIATAN SENAM IRAMA PADA KELOMPOK A
DI RA MASYITOH 7 KOTA MAGELANGPerkembangan motorik kasar merupakan suatu kemampuan gerak yang
melibatkan aktivitas otot-otot seperti tangan, kaki, dan seluruh tubuh anak. Salah
satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak salah
satunya adalah kegiatan senam irama, dalam kegiatan senam irama anak dilatih
dalam berbagai gerakan untuk melatih seluruh otot-otot bagian tubuh dengan
iringan musik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah kegiatan senam
irama dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia dini pada
kelompok A di RA Masyitoh 7 Kota Magelang, (2) faktor-faktor pendukung dan
penghambat apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan motorik kasar
anak dalam kegiatan senam irama.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
menggambarkan tentang keadaan di temapt penelitian dengan menggunakan
rangkaian kata-kata dan kalimat, dengan subyek penelitian kelompok A RA
Masyitoh 7 Kota Magelang yang berjumlah 26 anak. Metode pengumpulan data
menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data
secara reduksi data, display data dan verivikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pegembangan motorik
kasar anak melalui kegiatan senam irama pada kelompok A di RA Masyitoh 7
Kota Magelang, dapat dikatakan kegiatan senam irama dapat mengembangkan
motorik kasar anak. Hal tersebut terbukti dari upaya guru dalam mengasah
motorik kasar anak, memberikan contoh, mengarahkan anak serta cara guru
memberikan kata-kata nasihat. Karena anak belajar dari meniru dan mengikuti
arahan yang diberikan oleh guru. Dalam pengembangan motorik kasar anak
terdapat juga faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung dalam
pengembangan motorik kasar yaitu sarana dan prasarana, guru yang memberi
contoh, faktor penghambat dalam pengembangan motorik kasar anak yaitu,
kondisi anak, dan kurangnya tenaga pendidik.NIM. 13430019 ANNISA RACHMADYANA