Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:39:50ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-08-01T09:14:13Z2016-02-22T01:46:33Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9065This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/90652013-08-01T09:14:13ZEFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA CERPEN KIMIA PADA MATERI TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
cerpen kimia terhadap motivasi dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Purwodadi pada tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk
jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperimen). Desain penelitian yang
digunakan adalah desain penelitian pretest-postest control group.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pretest
dan postest serta lembar angket motivasi belajar siswa terhadap penggunaan
media cerpen kimia dalam pembelajaran kimia. Analisis data untuk motivasi
belajar siswa menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan analisis data
untuk soal test (pretest dan posttest) menggunakan uji t untuk dua sampel yang
satu sama lain saling berhubungan.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada motivasi belajar siswa baik kelas
eksperimen dan kelas kontrol diketahui bahwa persentase rata-rata angket awal
motivasi belajar siswa untuk kelas kontrol sebesar 76%, sedangkan kelas
eksperimen sebesar 77%. Pada persentase rata-rata angket akhir motivasi belajar
siswa untuk kelas eksperimen sebesar 79,2% dan kelas kontrol sebesar 76,02%.
Sehingga rata-rata gain motivasi belajar siswa untuk kelas eksperimen dan kelas
kontrol masing-masing 2,2% dan 0,02%. Hal ini juga diperkuat dengan uji
hipotesis gain angket dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai sig (1tailed)
sebesar
0,0045 < 0,05. Pada aspek prestasi, hasil analisis uji hipotesis skor
gain
prestasi belajar siswa dengan menggunakan
uji t menunjukkan
nilai sig
(1tailed)
sebesar 0,002 < 0,05. Hal ini berarti rata-rata skor gain prestasi belajar
siswa yang menggunakan media cerpen kimia lebih tinggi daripada yang hanya
menggunakan LKS.
Kata Kunci: cerpen kimia, motivasi, prestasi
NIM. 08670031 AN MAMI