Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:57:41ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-07-30T08:30:48Z2016-01-25T04:21:45Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9040This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/90402013-07-30T08:30:48ZPENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)
MATEMATIKA SMP/MTS KELAS VIII BERBASIS TAHAP BERPIKIR
VAN HIELE DAN TEORI BRUNER MATERI KUBUS
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy
(SSP) Matematika SMP/MTs berbasis tahap berpkir van Hiele dan teori Bruner
materi pokok Kubus di kelas VIII semester II untuk yang layak digunakan dalam
proses pembelajaran matematika. SSP yang dikembangkan meliputi petikan
silabus, RPP, LKS, media pembelajaran, dan instrumen penilaian.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari
lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation.
Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian SSP, tes, lembar observasi,
skala respon guru, dan skala respon siswa.
SSP Matematika berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori Bruner
dikembangkan dengan lima tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analysis)
yang meliputi analisis kurikulum, karakteristik siswa, dan kebutuhan guru,
kemudian dilanjutkan dengan tahap perancangan (design) yang terdiri dari
penyusunan peta kebutuhan SSP, penyusunan kerangka SSP, penentuan judul
SSP, dan penyusunan instrumen penelitian pengembangan. Tahap berikutnya
adalah pengembangan (development) yaitu penulisan SSP dan penyuntingan
produk awal SSP.
Pada tahap ini SSP diperoleh kualitas SSP sangat baik dengan
skor rata-rata 217 dari skor maksimal 250 dan persentase keidealan 86,80%. Pada
tahap implementasi (implementation) dilakukan uji coba empiris dengan menguji kan
produk SSP dalam proses pembelajaran di kelas VIII F MTs Negeri II Yogyakarta,
memberikan pretest-posttest, serta memberikan skala respon guru dan siswa terhadap
SSP. Tahap evaluasi (evaluation) merupakan tahap terakhir yaitu tahap analisis hasil
pretest-posttest dan skala respon untuk keperluan pengambilan keputusan.
Berdasarkan hasil analisis pada tahap evaluasi diperoleh bahwa SSP telah teruji
efektif yang ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest 70,67 yang lebih besar dari nilai
rata-rata pretest 37,18 dari skor maksimal 100 serta kinerja SSP mencapai krit eria
baik dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 64,52%. Selain itu, SSP
teruji praktis yang ditunjukkan dari respon guru dan siswa. Guru memberikan respon
sangat positif terhadap SSP berdasarkan perolehan skor rata-rata hasil skala respon
guru sebesar 67,33 dari skor maksimal 80 dengan persentase 84,17%. Siswa
memperikan respon positif terhadap SSP berdasarkan perolehan skor rata-rata 64,58
dari skor maksimal 80 dengan persentase 80,73%.
Kata Kunci : Subject Specific Pedagogy (SSP), van Hiele, teori Bruner, kubus
NIM. 09600032 APRI YANI WULANDARI