Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:27:57ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-08-13T07:24:26Z2015-08-13T07:24:26Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16878This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/168782015-08-13T07:24:26ZPENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI DI BAITUL MUSLIM ASSIDIQ YOGYAKARTA)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk
dan etika bisnis Islam terhadap minat pembelian konsumen di toko Baitul Buslim
Assidiq Yogyakarta, baik pengaruh secara parsial antara variabel kergaman
produk terhadap variabel minat pembelian konsumen dan variabel etika bisnis
Islam terhadap variabel minat pembelian konsumen, maupun pengaruh secara
bersama-sama antara variabel keragaman produk dan variabel etika bisnis Islam
terhadap variabel minat pembelian konsumen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket kuisioner dengan responden
yaitu konsumen Baitul Muslim Assidiq Yogyakarta dengan jumlah sampel 92.
Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 17.0 dengan hasil menunjukan
bahwa parameter koefisien regresi untuk variabel keragaman produk dan etika
bisnis Islam adalah positif terhadap minat pembelian konsumen, dengan nilai
konstan (Y) sebesar 8,918 mengasumsikan bahwa variabel keragaman produk
(X1) dan etika bisnis Islam (X2) jika nilainya adalah 0 (nol), maka variabel minat
pembelian konsumen (Y) akan berada pada angka 8,918 dan jika koefisien regresi
X1 (keragaman produk) mengalami peningkatan maka minat pembelian
konsumen (Y) juga akan meningkat dengan angggapan variabel X2 (etika bisnis
Islam) adalah konstan, dan sebaliknya.
Kemudian berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis yaitu uji T terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel independen terhadap variabel
dependen, namun pada variabel etika binsis Islam (X2) tidak ada pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap minat pembelian konsumen Baitul Muslim Assidiq
Yogyakarta. Kemudian uji F terhadap pengaruh positif dan signifikan antara
variabel indepen secara bersama-sama terhadap variabel dependen yaitu sebesar
28.863 dengan signifikansi 0.000 > 0,05.
Besarnya pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen
dapat dilihat dari hasil koefisien diterminasi sebesar 0.380 yang menunjukan
pengaruh tersebut sebesar 38%, sedangkan sisanya 62% berasal dari pengaruh
variabel lain yang tidak dicantumkan pada penelitian ini, namun sudah pernah
diteliti oleh Naima Hayati yang mempunyai lima variabel independen yaitu
persepsi konsumen terhadap harga, produk, pelayanan, tempat dan periklanan.
menunjukan pengaruh sebesar 44,3%.
Kata Kunci: Keragaman Produk, Etika Bisnis Islam, Minat Pembelian Konsumen,
Baitul Muslim Assidiq YogyakartaNIM.11240001 ARDIAN CAHYONO