Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:00:08ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-03-27T06:57:13Z2017-03-27T06:57:13Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24784This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/247842017-03-27T06:57:13ZHUBUNGAN MINAT BACA BUKU PAI DENGAN PRESTASI BELAJAR ASPEK
KOGNITIF PAI KELAS IX SMP N 1 KALIBAWANG, KULON PROGO,
TAHUN PELAJARAN 2016/2017Ardian Ramadhan. Hubungan Minat Baca Buku dengan Prestasi Belajar
Aspek Kognitif PAI Kelas IX SMP N 1 Kalibawang, Kulon Progo Tahun
Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Latar belakang penelitian ini adalah degradasi peringkat SMP N 1
Kalibawang, yang diambil berdasarkan nilai murni PAI UASBN sekabupaten
Kulon Progo. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor
internal maupun eksternal, salah satunya adalah minat baca buku PAI. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Minat Baca Buku
Dengan Prestasi Belajar Aspek Kognitif Kelas IX SMPN 1 Kalibawang, Kulon
Progo, Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas IX SMP N 1 Kalibawang, Kulon Progo, Tahun Pelajaran
2016/2017 sebanyak 95 siswa yang terdiri dari kelas IXA, IXB, IXC, dan IXD
dengan jumlah sampel sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan
reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan semua butir soal yang berjumlah
30 terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien
reliabilitas sebesar 0.876 untuk Minat baca buku dan dinyatakan reliabel. Analisis
data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat baca buku kelas IX SMP N
1 Kalibawang berada pada kategori sedang. 66.35% siswa kelas IX SMP N 1
Kalibawang berada pada kelompok 86-101. (2) Prestasi belajar aspek kognitif PAI
kelas IX SMP N 1 Kalibawang berada pada kategori sedang. 85.3% siswa kelas
IX SMP N 1 Kalibawang berada pada kelompok 78-84. (3) Ada hubungan yang
positif dan signifikan antara Minat baca buku dengan prestasi belajar aspek
kognitif siswa, semakin tinggi minat baca buku siswa maka semakin tinggi
prestasi belajar aspek kognitif PAI siswa dan semakin rendah minat baca buku
siswa semakin rendah pula prestasi belajar aspek kognitif PAI siswa. Hal ini
ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,849 dan Angka sig. (2-tailed)
0,0000.005NIM. 12410140 ARDIAN RAMADHAN