Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:45:50ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-12T06:01:42Z2014-03-12T06:01:42Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10156This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/101562014-03-12T06:01:42ZMETODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MEMBACA AL-QUR’AN DI MTS NEGERI GALUR KULONPROGO
YOGYAKARTAArfie Bayu Santoso. “Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Al-Qur’an Di MTs Negeri Galur Kulonprogo”. Skripsi ini berupaya
menyajikan model metode tutor sebaya yang dikembangkan oleh stakeholders MTs
Negeri Galur Kulonprogo dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an
di MTs Negeri Galur Kulonprogo.
Penelitian ini merupakan penelitia lapangan (field reasearch), yang bersifat
kualitatif. Adapun penelitian menggunakan sumber data primer dan skunder, dengan
perolehan data melalui mekanisme wawancara, observasi, dan dokumentasi data.
Rangkaian data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data. Pada tahapan akhir pemeriksaan keabsahan data disinergikan dengan teknik validasi
data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tutor sebaya yang diterapkan
dalam kegiatan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Negeri Galur
Kulonprogo, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian kegiatan, dan evaluasi
kegiatan. Dalam perencanan program peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an,
pada tujuan jangka pendek siswa siswi MTs Negeri Galur Kulonprogo diharapkan dapat
memiliki ketrampilan membaca permulaan (dasar), sedangkan pada jangka panjang
menjadikan anak didik sebagai insan kamil, berbakti pada orang tua, dapat berguna bagi
agama, nusa dan bangsa. Sedangkan penerapan metode tutor sebaya yang ada di
madrasah menggunakan satu model pembelajaran tutorial, yaitu berdasarkan teori yang
diungkapkan Branly metode yang digunakan di MTs Negeri Galur Kulonprogo adalan
model student to student pola 1.
Pencapaian program peningkatan membaca Al-Qur’an di MTs Negeri Galur
Kulonprogo sampai saat ini cukup optimal. Hal ini ditunjukkan dengan indikator
peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa-siswi MTs Negeri Galur
Kulonprogo. Indikator tersebut tercermin dari tujuan serta hal-hal yang dikuasai siswa
dalam membaca permulaan. Faktor yang mendukung dalam penerapan metode tutor
sebaya di MTs Negeri Galur Kulonprogo meliputi: efektifitas pelaksanaan, peningkatan
kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, terpenuhinya kekurangan tenaga pengajar Al-
Qur’an, dan dorongan orang tua atau wali murid. Sedangkan yang menjadi faktor
penghambat adalah kedisiplinan siswa, konsistensi pelaksanaan kegiatan, kualitas tutor
(standarisasi tutor), evaluasi siswa.NIM. 07410205 ARFIE BAYU SANTOSO