Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:31:50ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-04-01T06:43:17Z2015-10-16T07:50:55Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11540This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/115402014-04-01T06:43:17ZPERSEPSI MASYARAKAT TENTANG SIARAN DAKWAH
PADA ACARA “ HATI KE HATI BERSAMA MAMAH DEDEH” DI ANTV
( DUSUN GLAGAH I, BANJARNEGORO, MERTOYUDAN, MAGELANG)
Arif Rifaudin, 0920123. Persepsi Masyarakat Tentang Siaran Dakwah
Pada Acara “ Hati ke Hati Bersama Mamah Dedeh” di ANTV (Dusun Glagah I,
Banjarnegoro, Mertoyudan, Magelang), Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2014.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang
siaran dakwah pada acara “ hati ke hati bersama mamah dedeh” di ANTV, peneliti
menggunakan pendekatan psikologi komunikasi untuk dapat memahami perilaku
masyarakat Dusun Glagah, Banjarnegoro, Mertoyudan,Magelang tentang persepsi
mereka terhadap siaran dakwah Mamah Dedeh, dan untuk menganalisisdata
dengan menggunakan metode deskrptif kuantitatif (statistik prosentase yang
kemudian dikualifikasi).
Analisis ini digunakan untuk melihat frekuensi tertentu suatu nilai dalam
himpunan data yang diperoleh dari penelitian terhadap persepsi masyarakat.
Jumlah frekuensi tersebut dinyatakan dalam presentase sama dengan 100%, hasil
penelitian ini adalah bahwa persepsi masyarakat setelah menonton siaran dakwah
Mamah Dedeh bahwa materi yang ada di siaran dakwah “hati ke hati” bersama
Mamah Dedeh di ANTV mencakup kehidupan beragama yang benar, karena
materi yang dibahas bersumber al-Quran dan hadist yang diantaranya membahas
persoalan atau fenomena masalah akhlak, ibadah, dan sebagainya. Sebagai bahan
pokok materinya, siaran dakwah “hati ke hati” di ANTV ditayangkan setiap hari
Senin-Jumat terdapat pesan dakwah yang cukup memberikan pengaruh terhadap
kondisi psikologis masyarakat, baik dari cara berpikir dan tingkah laku mereka,
persepsi masyarakat berhubungan dengan perasaan mereka terhadap siaran
dakwah “hati ke hati” bersama Mamah Dedeh berhubungan dengan perasaan
mereka terhadap siaran dakwah Mamah Dedeh yaitu masyarakat cukup merasa
senang dengan keberadaan siaran dakwah Mamah Dedeh sebab acara tersebut
disajikan sesuai dengan keinginan masyarakat.
NIM 0920123 ARIFRIFAUDIN