Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:39:31ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-01-06T01:26:33Z2016-01-06T01:26:33Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18852This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/188522016-01-06T01:26:33ZPARTICIPATION ACTION RESEARCH PELATIHAN KKG PAI NGAGLIK
SLEMAN YOGYAKARTA DALAM MENYUSUN
LEMBAR KERJA SISWAARIP FEBRIANTO, Participation Action Research Pelatihan KKG PAI Ngaglik
Sleman Yogyakarta dalam Menyusun Lembar Kerja Siswa. Tesis. Yogyakarta:
Prodi Pendidikan Agama Islam Konsentrasi PAI, 2015.
Latar belakang penelitian ini adalah masih sangat banyak guru yang
menggunakan bahan ajar khususnya lembar kerja siswa buatan orang lain ataupun
bikinan pabrik pada kegiatan pembelajaran yang mereka lakukan, padahal mereka
sadar bahwa bahan ajar yang mereka gunakan itu sering tidak sesuai dengan
situasi dan kondisi sekolah ataupun lingkungan sosial budaya siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memecahkan permasalahan yang
dihadapi Guru PAI KKG Ngaglik Sleman Yogyakarta dalam menyusun Lembar
Kerja Siswa yang dengan keadaan peserta didik, dan 2) meningkatkan
kemampuan anggota KKG Ngaglik Sleman Yogyakarta untuk menyusun lembar
kerja siswa yang relevan dengan keadaan peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian Participation Action Research yang
meliputi meliputi perencaaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil
penelitian ini adalah: 1) Metode PAR dapat membantu Guru PAI KKG Ngaglik
Sleman Yogyakarta dalam menyusun Lembar Kerja Siswa yang relevan dengan
keadaan peserta didik, data ini didapatkan dari tanggapan para peserta KKG yang
berjumlah 30 orang dan dari persentase sebesar 97,9% menyatakan, merasa
terbantu dalam menyusun lembar kerja siswa yang relevan dengan keadaan
peserta didik. 2) Tingkat kemampuan guru PAI Ngaglik Sleman Yogyakarta
meningkat dengan diadakannya pelatihan ini. Hal ini terlihat dari hasil post test
diperoleh data nilai tertinggi yaitu 100 sebanyak 2 orang peserta, nilai 95
sebanyak 2 orang peserta dan nilai 90 sebanyak 5 orang peserta, sedangkan nilai
terndahnya yaitu 75 hanya 3 orang peserta. Dari nilai tersebut, dapat dilihat
adanya peningkatan rata-rata pada pre tes yaitu rata-rata nilai 62,67. Sedangkan
pada post tes didapat nilai rata-rata sebesar 85,17 sehingga terdapat peningkatan
rata-rata nilai sebesar 22,5. Dari hasil nilai yang telah dicapai oleh peserta dapat
diketahui tingkat kenaikan kemampuan guru dengan melihat adanya jumlah
peserta yang memperoleh nilai kategori baik sebanyak 11 orang siswa sehingga
bisa dihitung persentasenya yakni sebesar 36,7 %. Sedangkan pada post tes semua
peserta sudah mencapai predikat nilai baik bahkan ada yang sangat baik, secara
keseluruhan yakni sebesar 100%. Ini menunjukan berarti ada peningkatan tingkat
kemampuan guru PAI dalam menyun LKS secara signifikan setelah diadakannya
pelatihan.NIM. 1320412214 ARIP FEBRIANTO