Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:22:51ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-12-01T07:53:00Z2017-08-02T06:36:00Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14773This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/147732014-12-01T07:53:00ZPENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DI LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT
TERHADAP PERILAKU BERAGAMA SISWA KELAS VIII
SMP N 9 YOGYAKARTA
Arip Oktiana, Pengaruh Pendidikan Agama Islam di Lingkungan
Keluarga, Sekoah dan Masyarakat Terhadap Perilaku Beragama Siswa SMP N 9
Yogyakarta, Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga, 2014.
Penelitian ini dilakukan pertama, mendeskripsikan bagaimana pola
Pendidikan Agama Islam di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat siswa
SMP N 9 Yogyakarta terhadap perilaku beragamanya. Kedua untuk mengetahui
apakah ada pengaruh antara Pendidikan Agama Islam di lingkungan keluarga,
sekolah dan masyarakat terhadap perilaku beragama siswa SMP N 9 Yogyakarta.
Penelitian dilakukan di SMP N 9 Yogyakarta, dengan sampel sebanyak 40
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengn menggunakan tehnik
pengambilan sample random sampling (sampling acak). Independen Variabel
yang ada dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam di lingkungan
keluarga (x1), Pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah (x2), dan
Pendidikan Agama Islam di lingkungan masyarakat (x3) serta dependen
variabelnya adalah Perilaku Beragama Siswa (y1). Metode analisa yang digunakan
pertama, yakni tehnik statistik deskriptif diterapkan untuk mengeksplorasi
persebaran frekuensi dan prosentase persebaran data. Kedua, tehnik statistik
inferensial digunakan untuk menguji apakan terjadi hubungan antara variabel
independen terhadap variabel dependen.
Hasil analisa regresi berganda faktor perubahan perilaku beragama yang
diperoleh dari nilai koefisien regresi PAI di lingkungan keluarga sebesar 0.002
lebih kecil dari 0.05, taraf signifikasi kepercayaan 95%. Hasil analisa regresi
berganda faktor perubahan perilaku beragama yang diperoleh dari nilai koefisien
regresi PAI di lingkungan sekolah 0.009 lebih kecil dari 0.05, taraf signifikasi
kepercayaan 95%. Hasil analisa regresi berganda faktor perubahan perilaku
beragama yang diperoleh dari nilai koefisien regresi PAI di masyarakat sebesar
0.031 lebih kecil dari 0.05, taraf signifikasi kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil
temuan tersebut, yang menyatakan bahwa Pendidikan Agama Islam di lingkungan
keluarga, sekolah dan masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap
perubahan perilaku, maka hipotesa ha, yakni pendidikan agama Islam di
lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat berpengaruh terhadap perilaku
beragama siswa kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta, dinyatakan diterima, sementara
ho, yakni pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga, sekolah dan
masyarakat tidak berpengaruh terhadap perilaku beragama siswa kelas VIII SMP
N 9 Yogyakarta, ditolak.
NIM.10410146 ARIP OKTIANA