Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:19:56ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-12-22T05:59:05Z2016-12-22T05:59:05Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23215This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/232152016-12-22T05:59:05ZEKSPERIMENTASI MEDIA BULLETIN BOARD PADA
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN PRESTASI
BELAJAR SISWA KELAS X MAN SABDODADI BANTULTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran
bahasa Arab dengan media bulletin board dan untuk mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan
model desain eksperimen semu (quasi experimental). Pengumpulan data
menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji
keakuratan data dilakukan uji validitas penilaian ahli (expert judgment). Prasyarat
analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Analisis data yang
digunakan dengan menggunakan uji âtâ.
Hasil penelitian yang didasarkan pada hasil analisis statistik menunjukkan
bahwa uji t posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
didapatkan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 55,65 dan nilai rata-rata
kelompok eksperimen sebesar 81,39 yang artinya terdapat perbedaan prestasi
belajar antara kelompok eksperimen kelompok kontrol. Sedangkan uji t nilai
posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 yang
artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar bahasa Arab
siswa kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar bahasa Arab siswa antara
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Maka media bulletin board dapat
digunakan sebagai solusi alternatif dalam belajar bahasa ArabNIM. 12420010 ARI NURWIJAYANTI