Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:26:22ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-14T07:40:07Z2016-09-23T03:07:07Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10553This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/105532014-03-14T07:40:07ZPENGARUH TANGIBILITY, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG MASUK DALAM DAFTER EFEK SYARIAH PERIODE 2007-2010Keuangan merupakan salah satu bagian penting bagi perusahaan
karena untuk dapat menjalankan usaha setiap perusahaan membutuhkan
dana/modal. Pemenuhan dana didapatkan dari sumber internal dan sumber
eksternal yang keduanya harus mampu disusun dengan baik agar tercapai
suatu struktur modal yang menguntungkan berbagai pihak. Struktur modal
merupakan perimbangan antara jumlah hutang terhadap jumlah aktiva.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi struktur modal. Dalam penelitian ini digunakan empat
variabel independen yaitu tangibility, pertumbuhan penjualan, profitabilitas
dan ukuran perusahaan.
Penelitian ini dilakukan terhadap 15 perusahaan pertambangan yang
masuk dalam Daftar Efek Syariah pada kurun waktu 2007-2010 dengan
menggunakan kriteria tertentu. Data bersifat sekunder yang didapat di ICMD
dan dari Website Bursa Efek Indonesia. Analisis terhadap data dengan
menggunakan regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa terdapat
tiga variabel yang mempengaruhi struktur modal yaitu tangibility,
pertumbuhan penjualan dan profitabilitas. Variabel independen ukuran
perusahaan terbukti tidak berpengaruh secara parsial terhadap strruktur
modal. Secara bersama-sama variabel-variabel independen dapat menjelaskan
variasi variabel dependen sebesar 32,5%. Sedangkan sisanya dapat dijelaskan
oleh variabel lain.NIM. 07390082 ARI NUR AINI