Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:17:17ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-03-13T07:14:23Z2017-03-13T07:14:23Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24493This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/244932017-03-13T07:14:23ZMANAJEMEN PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK HAJI OLEH
KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN PAKEM
KABUPATEN SLEMANAri Saputra (13240022), Manajemen Pelayanan Bimbingan Manasik Haji Oleh
Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, skripsi
Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas
Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.
Dewasa ini manajemen pelayanan merupakan hal yang paling mendasar
untuk dilakukan, karena dengan pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan
dan kemudahan bagi calon jamaah haji untuk melaksanakan manasik haji. Namun
dalam pelaksanaannya, masih banyak didapati pelayanan bimbingan manasik haji
yang terkadang kurang direalisasikan secara maksimal baik dari segi pembimbing,
sarana dan prasarana, metode bimbingan, serta pengawasan dan monitoring.
Pelaksanaan bimbingan manasik haji yang belum dilakukan secara baik dan
optimal akan berdampak pada calon jamaah haji yang semestinya mendapatkan
bimbingan manasik haji yang baik dan berkualitas baik dari segi materi maupun
nonmateri.
KUA Kecamatan Pakem sebagai unit kerja terdepan Kantor Kementerian
Agama Kabupaten Sleman, yang berhadapan langsung dengan peserta bimbingan
manasik haji. Pelaksanaan bimbingan manasik haji dilaksanakan atas dasar moral
pelayanan yang tercermin dalam motto pelayanannya yakni integritas sesuai
aturan, tertib administrasi, inovatif dan kreatif, kualitas pelayanan, amanah dan
tanggungjawab, serta ramah dalam bersikap. Penelitian yang dilakukan peneliti,
bertujuan untuk mengetahui aktivitas manajemen pelayanan dan implementasi
pelaksanaan bimbingan manasik haji oleh KUA Kecamatan Pakem.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptifkualitatif.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data
primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun metode analisis data yang
digunakan adalah dengan analisis data model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan
dengan penyusunan penyusunan kinerja sesuai SOP, kerjasama yang sinergi
dengan instansi dan lembaga terkait di Kecamatan Pakem. Pengorganisasian
dilakukan dengan mengeluarkan syrat keputusan struktur kepanitiaan manasik
haji, peserta, materi, dan pembimbing manasik haji KUA Kecamatan Pakem.
Penggerakan dilakukan melalui komando dari atas kebawah yakni melalui
kurikulum dan silabus manasik haji yang telah ditetapkan. Bentuk pelayanan
dilakukan secara secara lisan, tulisan serta perbuatan. Akan tetapi dalam
pelaksanaan pelayanan bimbingan manasik haji masih didapati belum adanya
sertifikasi pembimbing oleh Kementerian Agama setempat, masih minimnya
sosialisasi permasalahan haji pada calon jamaah haji terkait informasi-informasi
terkini yang selalu mengalami perubahan dan perkembangan setiap tahunnya.
Pengawasan dilakukan secara internal dan didapati bahwa penyampaian materi
manasik haji yang terlalu monolog, serta keterbatasan sarana dan prasarana
peragaan bimbingan manasik haji.NIM. 13240022 ARI SAPUTRA