Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:03:58ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-08-13T04:17:07Z2015-08-13T04:17:07Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16855This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/168552015-08-13T04:17:07ZEFEKTIVITAS PELAYANAN SOSIAL BAGI KLIEN ALUMNI PANTI SOSIAL KARYA WANITA (PSKW) TAHUN 2012-2014Meski zaman penjajahan telah tergantikan oleh zaman kemerdekaan,
namun kebijakan pembangunan di Indonesia selama ini masih kurang
memberikan perhatian yang memadai untuk kesejahteraan sosial yang dapat
mengurangi masalah sosial. Upaya pembangunan kesejahteraan rakyat Indonesia
terus diperjuangkan oleh pihak Kementrian Sosial, sehingga sampai saat ini telah
menunjukkan hasil yang semakin baik. Namun demikian, untuk mewujudkan
sebuah keadilan sosial yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia belum
sepenuhnya tercapai karena masih banyak masalah-masalah yang belum
terselesaikan, terutama masalah sosial. Masalah sosial yang kini tengah menjadi
sebuah fenomena di Yogyakara adalah wanita rawan sosial.
Dalam mengatasi permasalah Wanita Rawan Sosia, pemerintah daerah
mendirikan Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) sebagai Unit Pelaksana Teknis
Daerah (UPTD) yang menangani permasalahan wanita rawan sosial dan lebih
fokus pada wanita rawan sosial psikologis (WRSP). Wanita Rawan Sosial
Psikologis adalah wanita yang mengalami permasalahan karena faktor sosial dan
psikologis, baik pribadi maupun lingkungannya memiliki kerawanan atau
kecenderungan melakukan penyimpangan Norma serta mengalami gangguan
keberfungsian sosial. Dengan didirikan Panti Sosial Karya Wanita ini bertujuan
untuk menyediakan tempat pelayanan sosial yang bisa memberikan keahlian bagi
para WRSP. Tempat pelayanan sosial yang diberikan tidak lain hanyalah untuk
memberikan bekal ilmu sehingga dapat hidup mandiri dan dapat berperan aktif
dalam masyarakat. Namun demikian apabila pelayanan yang diberikan tidak dapat
memberikan kontribusi terhadap klien maka pelayanan sosial yang diberikan tidak
menjadi efektif.
Atas dasar pemaparan diatas peneliti bermaksut melakukan penelitian
terhadap efektivitas pelayanan sosial bagi klien alumni Panti sosial Karya Wanita
(PSKW) tahun 2012-2014. Adapun metodologi yang penelitian adalah jenis
metodolgi penelitian kualitatif dan dengan mengugunakan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi dengan subyek dan obyek yang telah ditentukan.
Dari hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti terkait efektivitas
pelayanan sosial yang diberikan kepada alumni adalah dapat dikatakan efektif,
karena dalam pelayanan sosial yang diberikan pada Wanita Rawan Sosial
Psikologis (WRSP) telah mencapi tujuan, keberhasilan dan memberikan pengaruh
yang lebih baik bagi alumni lulusan tahun 2012-2014. Dari ketiga hal yang telah
tercapai ini dapat dilihat dari kemampuan, perubahan dan kemandirian yang
signifikan dari klien alumni, serta diperkuat dengan pernyataan para staf, pekerja
sosial yang mengatakan bahwa banyak klien alumni yang telah mempunyai usaha
dan bekerja sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.
Kata kunci : Efektivitas, Pelayanan Sosial.NIM. 11250069 ARI SUGENG MARTOPO