Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:35:22ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2015-10-22T01:17:19Z2015-10-22T01:17:19Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17973This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/179732015-10-22T01:17:19ZPENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN
FUZZY QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
(STUDI KASUS KOPERASI GEMI KOTAGEDE)Persaingan berbagai jenis lembaga keuangan dewasa ini menyebabkan
Koperasi GEMI Kotagede harus dapat mempertahankan eksistensinya, salah satu
caranya yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Hal ini dilakukan untuk
meningkatkan kepuasan dari para nasabah koperasi. Maka dari itu diperlukan
penelitian untuk memenuhi sebanyak mungkin harapan konsumen, tapi juga
berusaha melampaui harapan-harapan konsumen tersebut. Dengan cara
mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen kemudian menerjemahkannya
kedalam karakteristik mutu yang akan menjadi acuan pengendalian mutu oleh
perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui prioritas
perbaikan kualitas yang perlu diutamakan oleh koperasi, untuk mengembangkan
kualitas pelayanan dengan penerapan metode Fuzzy Quality Function
Deployment. Berdasarkan penelitian terhadap atribut kebutuhan anggota,
diperoleh urutan prioritas atribut perencanaan peningkatan kualitas pelayanan
dengan atribut kredibilitas koperasi dengan bobot tertinggi sebesar 5.643% dan
berdasarkan tingkat kepentingan karakteristik teknik perencanaan didapatkan
hasil atribut pelatihan peningkatan kemampuan karyawan memiliki derajat
kepentingan tertinggi sebesar 26.58%. Hal ini dapat menjadi prioritas pertama
pihak perusahaan sebagai acuan perbaikan kualitas pelayanan koperasi.NIM. 08660038 ARTHALIAN FAVOURLANA