Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:04:55ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-08-26T03:55:12Z2015-04-17T02:10:34Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13846This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/138462014-08-26T03:55:12ZSISTEM AGENCY SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI ASURANSI JIWA
BERSAMA BUMIPUTERA SYARIAH CABANG YOGYAKARTA
Di Indonesia, perkembangan asuransi syariah masih sangat
lamban. Pada tahun kuartal II 2013 penduduk Indonesia yang terlindungi asuransi
sekitar 87.19 juta jiwa. Jika dibandingkan dengan jumlah masyarakat Indonesia yang
sudah mencapai 290 juta jiwa, yang notabene mayoritas Islam, masih berbanding
3:10. Artinya 10 orang masyarakat Indonesia maka baru 3 orang yang mempunyai
polis asuransi. Padahal fungsi asuransi syariah sangat berperan dalam mengukuhkan
ekonomi syariah. Jadi, Pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting
bagi perusahaan dalam memperkenalkan produk-produk asuransi syariah kepada para
calon nasabah. Sehingga para calon nasabah berminat memiliki asuransi yang
berbasis syariah. Di samping itu, pemasaran juga merupakan hal yang penting dalam
meningkatkan volume penjualan, sehingga AJB Bumiputera Syariah Cabang
Yogyakarta bisa bertahan dalam waktu jangka panjang.
Strategi pemasaran merupakan salah satu langkah-langkah yang secara
berurutan dari awal sampai akhir dalam proses pemenuhan kebutuhan melalui
aktivitas orang lain secara langsung, sehingga dengan adanya strategi pemasaran
produk-produk Asuransi Syari’ah ini diharapkan segala keinginan dan kebutuhan
masyarakat maupun pelanggan dapat terpenuhi dengan baik dan terorganisir dengan
baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran
produk AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta agar semua kalangan
masyarakat dapat mengetahui produk yang dimiliki Asuransi Bumiputera Syari’ah
Cabang Yogyakarta.
Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan
data menggunakan metode wawancara dan studi pustaka. Sedangkan data yang
digunakan adalah data sekunder dan data primer dari Kepala Wilayah AJB
Yogyakarta, Kepala Cabang AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta, kepala
pemasaran AJB Yogyakarta serta karyawan AJB Bumiputera Cabang Yogyakarta
yang mempunyai pengalaman di Asuransi syariah.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa strategi
pemasaran yang dijalan AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta menggunakan
sistem agency. Di mana dengan sistem ini agen yang melaksanakan pemasaran
terhadap produk AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta. Sistem agency
tersebut digunakan sejak AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta berdiri hingga
sekarang. Strategi pemasaran tersebut mempunyai banyak kelebihan seperti, lebih
mudah memahami keinginan yang dibutuhkan masyarakat, menjalin silaturrahmi
terhadap sesama manusia, serta menciptakan lapangan kerja. Sehingga menggunakan
sistem agency dalam pemasaran sangat efisien dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari
perkembangan rasio pada Tahun 2012 mencapai Rp 810.000.000,- per bulan
(Delapan Ratus Sepuluh Juta Rupiah) sedangkan pada Tahun 2011 mencapai Rp
620.000.000,- per bulan (Enam Ratus Dua Puluh Juta Rupiah) kemudian pada Tahun
2013 mencapai Rp 930.000.000,- per bulan (Sembilan Ratus Tiga Puluh Juta Rupiah).
Jadi perkembangan rasionya mencapai 13 %. Mekanisme agen dalam memasarkan
produk AJB Bumiputera Syariah Cabang Yogyakarta, dimulai dengan pendataan
pasar, memasarkan dan memberikan pelayanan kepada nasabah. Selain strategi
pemasaran seperti sistem agency, AJB Bumiputera Syariah Yogyakarta perlu
membuat promosi melalui surat kabar, sehingga komunikasi yang dilakukan dapat
menjangkau daerah yang lebih luas, sehingga dapat mencapai pasar yang dituju.
NIM. 1220310020 ARTI DAMISA