Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:15:14ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-02-03T07:57:06Z2017-01-17T08:49:53Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9944This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/99442014-02-03T07:57:06ZOPTIMALISASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN MEDIA SHORT CARD (KARTU PENDEK) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR AL-QURAN HADIS PADA SISWA KELAS II DI MADRASAH
IBTIDAIYAH MA’ARIF ABDUSSALAM PUNDUHSARI TEMPURAN MAGELANGASFIYATI. Optimalisasi Pembelajaran Tahfidz Dengan Media Short Card
(Kartu Pendek) Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis
Pada Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Abdussalam Punduhsari
Tempuran Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
pelaksanaan pembelajaran tahfidz dengan media short card (kartu pendek) yang
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran al-Qur’an hadis kelas
II MI Ma’arif Abdussalam Punduhsari Tempuran Magelang. Latar belakang
penelitian ini adalah berangkat dari hasil wawancara dengan guru al-Quran hadis
kelas II MI Ma’arif Abdussalam Punduhsari dimana beliau mengungkapkan
bahwa masalah yang dihadapi adalah masih rendahnya prestasi belajar siswa
terhadap mata pelajaran al-Quran hadis. Selain itu juga lemahnya proses
pembelajaran yang berkembang dewasa ini. Pembelajaran masih berorientasi
kepada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar yang terus diberi dengan
segudang informasi. Hal ini disebabkan karena metode yang dipakai guru selama
ini lebih banyak menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu,
pembelajaran berlangsung secara sepihak dan kurang adanya partisipatif dari
siswa. Dari observasi ini ketika dilakukan post test nilai rata-rata siswa hanya
67,14.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dan subyek
penelitiannya adalah siswa kelas II MI Ma’arif Abdussalam Punduhsari Tempuran
Magelang yang berjumlah 7 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah pembelajaran tahfidz dengan media short card (kartu pendek) mampu
meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidz dengan media short
card (kartu pendek) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran al-Qur’an hadis. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dalam
prestasi belajar al-Qur’an hadis. Pada pra tindakan rata-rata skor sebesar 67,14
dengan persentase ketuntasan 28,57%, pada siklus I meningkat sebesar 42,85%
dengan nilai rata-rata skor 71,42 dan pada siklus II mengalami peningkatan
sebesar 85,71% dengan nilai rata-rata skornya 84,28. Nilai rata-rata siklus I dan
siklus II sebesar 77,85. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
peningkatan di setiap siklus yang telah dilakukan.NIM. 08480008 ASFIYATI