Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:32:42ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2016-12-05T01:51:38Z2016-12-05T01:51:38Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22336This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/223362016-12-05T01:51:38ZEFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN CIRC BERBANTUAN LKS BERBASIS PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas model
pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI, model pembelajaran CIRC
berbantuan LKS berbasis PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) efektivitas model
pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI, model pembelajaran CIRC
berbantuan LKS berbasis PMRI dan model pembelajaran konvensional terhadap
motivasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi
experimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel
penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran TTW dan
CIRC serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis dan
motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 10
Yogyakarta sedangkan penelitiannya adalah Kelas VIII A, Kelas VIII B, dan
Kelas VIII C. Instrumen penelitian berupa pretest-postest dan pra angket-pos
angket sedangkan instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis PMRI.
Teknik analisis data tes menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji
One Way Anova yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Untuk teknik analisis data
angket menggunakan uji Analisis Kovarian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) model pembelajaran TTW
berbantuan LKS berbasis PMRI lebih efektif dibanding model pembelajaran
konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (2)
model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif
dibanding model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa (3) Model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis
PMRI lebih efektif dibanding model pembelajaran CIRC berbantuan LKS
berbasis PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (4)
model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif
dibanding model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa (5)
model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif
dibanding model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa (6)
model pembelajaran TTW berbantuan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif
dibanding model pembelajaran CIRC berbantuan LKS berbasis PMRI terhadap
motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Efektivitas, TTW, CIRC, PMRI, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar Siswa.NIM. 11600002 ASIF MAFTUHIN