Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:32:45ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-06-24T07:36:21Z2016-01-27T02:02:34Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13034This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/130342014-06-24T07:36:21ZPENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)
MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERBASIS
TAHAP BERPIKIR VAN HIELE DAN TEORI BELAJAR BRUNER
PADA MATERI LIMAS
Penelitian ini bertujuan menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP)
Matematika SMP berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori belajar Bruner pada
materi limas yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika dan
memenuhi 3 unsur kelayakan yaitu validitas, praktibilitas dan efektifitas.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisys
(analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation
(implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah seluruh
peserta didik kelas VIIIA dan VIIIB SMP N 4 Sewon Bantul tahun ajaran
2012/2013. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar penilaian SSP,
lembar keterlaksanaan pembelajaran, serta lembar respon peserta didik dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan telah berhasil dikembangkan SSP Matematika
kelas VIII berbasis tahap berpikir van Hiele dan teori belajar Bruner yang berisi
silabus, RPP, LKS, media berbasis dan instrumen penilaian yang dikembangkan
dengan lima tahap pengembangan. Tahapan-Tahapan penelitian yaitu tahap
analisis (analysis) meliputi analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan
analisis instruksional, kemudian dilanjutkan tahap perancangan (design) yang
terdiri dari mengumpulkan dan menyusun materi, meyusun desain. Tahap
berikutnya adalah pengembangan (development) yang terdiri dari penyusunan
SSP, tinjauan dari dosen pembimbing, revisi I, validasi ahli, analisis data, revisi II,
uji coba terbatas, revisi III, sampai produk SSP. Dari data penyuntingan produk
awal dianalisis untuk memperoleh tingkat validitas SSP, didapatkan hasil tingkat
validitas SSP sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 193,66 dengan
persentase keidealan 80,70%. Pada tahap implementasi (implementation)
dilakukan uji coba empiris menggunakan SSP Matematika, memberikan pretestpostest,
serta memberikan angket respon siswa dan guru terhadap SSP. Tahap
evaluasi (evaluation) merupakan tahap terakhir yaitu tahap analisis hasil pretestposttest
dan angket respon siswa dan guru untuk keperluan mengambil keputusan
apakah SSP layak digunakan atau tidak. Berdasarkan hasil analisis, SSP ini teruji
efektif meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dari nilai rata-rata
posttest (78,39) yang lebih besar dari nilai rata-rata pretest (25,71) dan persentase
siswa yang mencapai KKM sebesar 64,29% yang berarti keefektifan SSP ini
baik. Praktibilitas SSP ini dilihat berdasarkan hasil analisis skala respon siswa
yang memperoleh respon positif dengan persentase 75,64%, sedangkan dari skala
respon diperoleh respon sangat positif dengan persentase 86,96% .
NIM. 09600042 ASIH SETYANI