Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:11:36ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2012-05-04T16:40:48Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1320This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1320MOTIVASI MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB PADA SISWA MADRASAH DINIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH SUNGAI PULAI JAMBI ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana motivasi membaca dan menulis bahasa Arab pada siswa usia 5-12 tahun yang mengambil latar di Madrasah Diniyah Wathoniyah Islamiyah Sungai Pulai Jambi. Populasi penelitian adalah siswa yang berusia 5-12 tahun yang mereka duduk di kelas 1-6 Madrasah Diniyah Wathoniyah Islamiyah Sungai Pulai Jambi tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 143 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan nomor-nomor ganjil. Ukuran sampel ditentukan dengan mengambil 25% dari jumlah populasi berdasar pendapat Suharsimi Arikunto sehingga jumlah sampelnya sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian motivasi membaca dan menulis bahasa Arab pada siswa usia 5-12 tahun di Madrasah Diniyah Wathoniyah Islamiyah Sungai Pulai Jambi menunjukkan: 1. Motivasi siswa dikategorikan baik. 2. Terbentuknya motivasi siswa karena adanya dua faktor, yaitu faktor dari dalam diri siswa sendiri dan dari lingkungan siswa. 3. Faktor pendukung terbentuknya motivasi adalah adanya kemauan siswa sendiri dan lingkungan yang mendukung. 4. Faktor penghambat terbentuknya motivasi adalah guru yang tidak sesuai dengan bidangnya, kurangnya media pembelajaran dan tidak adanya perpustakaan.
ASIH SUPRIHATIN - NIM. 04420925-03