Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:41:36ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2013-05-16T11:02:00Z2022-01-24T06:53:21Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7719This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/77192013-05-16T11:02:00ZIMPLEMENTASI METODE GRAMATIKA – TARJAMAH DALAM
PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH SISWI KELAS ULĀ
MADRASAH ALIYAH PUTRI WAHID HASYIM YOGYAKARTA
ASLA MARIA. Implementasi metode gramatika - tarjamah dalam
pembelajaran mahāroh al- qiro’ah kelas ulā siswi Madrasah Aliyah putri Wahid
Hasyim Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri
Sunan Kalijaga, 2013.
Latar belakang penelitian ini adalah pada umumnya seorang santri harus
faham tentang ilmu agama yang sebagian besar sumbernya dengan bahasa Arab.
sedangkan untuk memahaminya harus bisa membaca teks Arab. Begitu juga siswi
di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim yang dalam pembelajaran maharoh Al-Qiroah
menggunakan metode gramatika-tarjamah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi
metode gramatika - tarjamah dalam pembelajaran mahāroh al- qirō’ah siswi kelas
ulā Madrasah Aliyah putri Wahid Hasyim, problematika, serta hasil dari
pembelajaran mahāroh al- qiro’ah dengan metode gramatika-tarjamah.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif
yaitu suatu metode yang menggambarkan data dengan menggunakan kalimat
untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan terperinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pelaksanaan metode ini dibagi
menjadi tiga tahapan. Pada tahapan pertama membaca materi. Tahapan kedua,
identivikasi gramatika terhadap teks dari struktur kalimat dan terjemah. Tahapan
yang ketiga adalah membaca dan tanya jawab. Hasil dari implementasi metode
ini, siswi dapat membaca dan memahami materi dengan baik berdasarkan
penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. 2). Problematika yang terjadi dalam
menerapkan metode ini yaitu: (a) Kesiapan siswi yang kurang maksimal, serta
tingkat kefahaman siswi yang berbeda-beda. (b) Latar belakang pendidikan
ustadzah. (c) Penggunaan jawa pegon dalam pemberian makna.NIM: 09420069 ASLA MARIA