Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:56:59ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2014-03-14T08:01:47Z2016-12-15T01:42:56Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10792This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/107922014-03-14T08:01:47ZEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MENGGUNAKAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF
YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK
PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP
DAN KEAKTIFAN SISWA SMP
Penelitian ini memiliki dua tujuan, tujuan yang pertama untuk mengetahui
apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan induktifdeduktif
yang dikolaborasikan dengan metode
TPS lebih efektif dibandingkan
dengan
pembelajaran ekspositori terhadap
pemahaman
konsep
siswa. Tujuan yang
kedua adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan
menggunakan pendekatan induktif-deduktif yang dikolaborasikan dengan metode
TPS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori terhadap
keaktifan siswa SMP.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan
desain posttest-only control design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah
pembelajaran menggunakan pendekatan induktif-deduktif yang dikolaborasikan
dengan metode TPS dan pembelajaran ekspositori, sedangkan variabel terikat
dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Patuk sebanyak 89
siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumah 60
siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 30
siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data
meliputi pemberian postes untuk mengetahui pemahaman konsep siswa, lembar
observasi dan angket untuk mengetahui keaktifan siswa. Teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya
dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalisis
hasil postes.
Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan rata-rata nilai postes siswa
kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada rata-rata nilai kelas
kontrol. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan induktifdeduktif
yang dikolaborasikan dengan metode
TPS lebih efektif dibandingkan
dengan
pembelajaran ekspositori terhadap
pemahaman
konsep
siswa. Berdasarkan
analisis
data diperoleh kesimpulan
rata-rata
skor observasi siswa
kelas eksperimen
lebih
tinggi secara signifikan
dari pada rata-rata skor
observasi kelas
kontrol.
Berdasarkan
analisis
data juga
diperoleh
kesimpulan
rata-rata
skor
skala
sikap
siswa
kelas eksperimen
lebih tinggi
secara signifikan
dari pada
rata-rata skor skala
sikap
kelas kontrol. Artinya
hasil penelitian juga menunjukkan
bahwa pendekatan
induktif-deduktif
yang dikolaborasikan dengan
metode
TPS lebih efektif
dibandingkan
dengan pembelajaran ekspositori
terhadap keaktifan belajar siswa.
NIM. 08600049 ASTUTI WIDIYANINGSIH