Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:50:00ZEPrintshttp://digilib.uin-suka.ac.id/images/sitelogo.pnghttps://digilib.uin-suka.ac.id/2017-03-29T01:58:04Z2017-03-29T01:58:04Zhttp://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24795This item is in the repository with the URL: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/247952017-03-29T01:58:04ZKOMPETENSI SOSIAL GURU AKIDAH AKHLAK DAN DAMPAK
PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU AKIDAH AKHLAK DALAM
PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS V
MIN YOGYAKARTA 1
TAHUN AJARAN
2016/2017Asyaefudin Zuhri, Kompetensi Sosial Guru Akidah Akhlak dan Dampak
Persepsi Siswa Terhadap Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter
Siswa Kelas V MIN Yogyakarta 1 Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi,
Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Kebijakan Pemerintah dalam pengembangan SD/MI menurut pasal 35 ayat
1 UU No. 14 Tahun 2015 membahas tentang Guru SD/MI. Pelaku pendidikan
mempunyai tanggung jawab moral dan intelektual, akademis, dan mental.
Pendidikan memerlukan kesediaan guru untuk mengarahkan siswa menjadi
pribadi yang berpengetahuan luas dan berbudi pekerti mulia. Guru menempati
posisi penting dalam pendidikan yaitu memberikan kontribusi yang tinggi untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dan hasil pendidikan yang berkualitas.
Kompetensi sosial merupakan faktor penting yang perlu dimiliki oleh seorang
guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Siswa SD/MI diharapkan mampu
melakukan proses edukasi, sosialisasi dan transformasi dengan baik di lingkungan
masyakarat.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana
kompetensi sosial guru akidah akhlak di MIN Yogyakarta 1 (2) Bagaimana
dampak persepsi siswa terhadap guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter
siswa kelas V di MIN Yogyakarta 1.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data
menggunakan metode Observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis
data menggunakan analisis data yang dikembangkan Miles dan Huberman yaitu
data reduction (reduksi data), data display, dan conclution drawing/verification.
Uji keabsahan data menggunakan Trianggulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Kompetensi sosial guru
akidah akhlak di MIN Yogyakarta 1 sudah baik, sesuai dalam Permendiknas
Nomor 16 Tahun 2007, pada kompetensi sosial yaitu pada sikap inklusif, objektif,
Santun, Empatik, mampu beradaptasi dengan baik. Kedua, Dampak persepsi
siswa terhadap guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter Siswa kelas V di
MIN Yogyakarta 1 sudah baik, dilihat dari Sikap cinta kepada Allah, kemandirian
dan tanggung jawab, kejujuran, hormat dan santun, suka tolong menolong, dan
disiplin.NIM. 12480011 ASYAEFUDIN ZUHRI